DPAD Pandeglang Dorong Anak Gemar Membaca Lewat Bercerita

0
69

DINAS Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Pandeglang mendorong murid tingkat sekolah dasar (SD) untuk gemar membaca, salah satu upayanya adalah dengan bercerita atau story telling.

Untuk mendorong minat baca, DPAD Pandeglang menggelar lomba bercerita tingkat SD di halaman Kantor DPAD Pandeglang, Rabu (28/03/2018).

Kasi Pemberdayaan Gemar Membaca DPAD Pandeglang, Siti Septiana Miratunisa mengatakan, lomba ini salah satu tujuan mendorong anak-anak gemar membaca. “Karena semakin banyak membaca maka wawasan semakin luas,” kata Siti.

Kata dia, lomba bercerita juga sebagai ajang seleksi untuk mencari wakil Kabupaten Pandeglang untuk diikutkan pada ajang yang sama tingkat provinsi dan nasional.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat membuka lomba bercerita mengapresiasi, kegiatan tersebut. Dikatakannya, semua peserta diberikan kebebasan membawa cerita yang berasal dari cerita rakyat dalam rangka mengembangkan budaya lokal. Menurutnya, untuk bisa bercerita tentunya para peserta harus banyak membaca.

“Sekaligus mereka akan semakin mengenal cerita-cerita rakyat yang ada di daerah dan juga mengenal nilai-nilai budaya dengan tujuan untuk melahirkan para pemimpin cerdas,” katanya.

Irna menilai, ajang ini juga merupakan tempat bagi para siswa untuk menyalurkan kreatifitasnya melalui bercerita. Tujuannya agar para generasi muda bisa mendapatkan banyak pengalaman, sehingga mampu meningkatkan kemampuan serta bisa menggali potensi diri.

“Ke depannya diharapkan akan lahir para generasi emas yang bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik. Saya harap juga semua pihak untuk terus menggalakan budaya minat membaca, karena dengan membaca dapat mengubah masa depan yang lebih cerah,” pungkas dia.

Redaktur : Dendi
Reporter : A Supriadi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here