Jelang Tahun Ajaran Baru, Toko Buku di Pandeglang Kebanjiran Pembeli

0
90

JELANG tahun ajaran baru, sejumlah pedagang alat tulis kantir (ATK) dan perlengkapan sekolah di Pasar Badak Pandeglang, Banten, mengaku mengalami peningkatan pendapatan hingga 40 persen.

Imu, penjual ATK di Pasar Badak Pandeglang, mengatakan, sejak libur panjang pasca Idul Fitri, banyaknya warga yang membeli perlengkapan sekolah, seperti alat tulis dan seragam sekolah.

“Dari kemarin-kemarin sih sudah ramai, rata-rata mereka membeli buku tulis dan peralatan tulisnya. Karena buku kan peralatan yang wajib harus ada bagi setiap siswa,” ungkap Imu, Selasa (03/07/2018) siang.

Menurut dia, perlengkapan sekolah saat ini menjadi salah satu komoditas belanja, apalagi buku tulis yang laris.

“Kalau sekarang sih bisa disebut meningkat ya, sekitar 20 persen meningkat dari biasanya. Karena toko saya segmen pasarnya yaitu TK, SD, SMP, SMA, jadi barang yang paling banyak terjual yaitu buku tulis,” ucapnya

Ia mengaku, sempat mendapat keluhan dari pembeli, karena harga jual buku yang dinilai sedikit malah. Kata dia, hal itu terjadi karena memang dari pihak perusahaan buku mengalami kenaikan harga.

“Iya mas, buku tulis mengalami kenaikan yang harga Rp 15.000 menjadi Rp 25.000, terus yang harganya Rp 30.000 menjadi Rp 35.000,” terang dia.

Sementara, Rismayanti salah seorang pembeli mengaku, membeli buku tulis, pulpen dan pensil untuk anaknya yang hendak masuk Taman Kanak-Kanak (TK),

“Tadi saya sudah beli buku tulis, buku gambar, dan pensil gambar. Karena anak saya mau masuk TK. Harapannya sih agar anak saya bisa lebih semangat sekolahnya,” ujar warga Kabayan ini usai berbelanja ATK.

Dirinya sempat mengeluhkan soal harga yang sedikit melonjak. Meski begitu ia memaklumi karena banyaknya permintaan dan biasanya harga akan turun kembali setelah memasuki tahun ajaran baru.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : “Dase” Bahrul Ulum

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here