Kelompok Tani di Pandeglang Raup Untung Jutaan Rupiah

0
292

KELOMPOK Tani Mina Jaya melakukan panen raya ikan nila merah dari hasil bantuan Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang. Dari 5.000 benih ikan nila yang ditabur diperkirakan akan mencapai kurang lebih satu ton ikan nila saat panen.

“Nila yang barusan dipanen, rencana besok akan dijual, dulu benihnya kurang lebih 5.000 ekor bantuan dari kami. Hasilnya diperkirakan satu ton dengan harga 25 ribu/kg. Pakan ikan diperkirakan habis 12 juta, sehingga ada keuntungan 10-13 juta untuk kelompok tani,” kata Kadis Perikanan Wowon Dirman ditemui saat panen ikan nila, Kamis (28/02/2019).

Lebih lanjut Wowon mengatakan, jika di Kecamatan Carita ada dua poktan yang mendapatkan bantuan ikan yaitu ikan lele dan ikan nila, salah satunya pokta mina jaya.

“Bantuan dari pemerintah sipatnya terbatas, nanti hasil keuntungan ini bisa dibelikan benih lagi. Yang sudah mendapatkan bantuan bisa terus memelihara, bantuan selanjutnya untuk yang belum mendapatkan,” terangnya.

Bahrudin, ketua poktan mina jaya mengungkapkan, jika nila yang di panen ini berusia tiga bulan lebih, terhitung dari mulai tabur benih.

“Dari hasil ini memang belum bisa terlihat untung bersihnya berapa, tapi kami punya gambaran dari hasil penjualan jika dikurangi penyusutan sekitar angka 10 juta keuntungan yang di dapat,” ujarnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita, yang hadir pada panen tersebut berharap, capaian yang didapat poktan minajaya dapat ditularkan kepada kelompok tani lainnya agar mereka maju dan berkembang.

“Saling berbagi dong dengan poktan lainnya, supaya mereka juga bisa sukses. Saya apresiasi Bahrudin yang jadi motor di kelompok tani nya,” tandasnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Sumber : Humas dan Protokol Pandeglang

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here