DALAM rangka mengisi Ramadan, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPK) Provinsi Banten bekerjasama dengan Komunitas Seni di Serang menggelar NgabubuREAD, Pengajian Majelis Oreks dan Madrasah Rumi.

Kasi Minta Baca DPK Banten, Evi Saefudin mengatakan, kegiatan dimulai 18 Mei 2019 dengan disi oleh pengajian Majlis Orkes NGabubuREAD edisi I. Pengajian Majlis Orkes adalah kegiatan talkshow yang diselingi dengan bernyanyi.

“NgabubuREAD edisi 1 ini diisi dengan “cacahan” yang bertema “milenial menulis” bersama Zayna Zanzani seorang penulis muda di Banten,” ujarnya.

Dilanjutkan Evi, pada 24 Mei 2019 diadakan kegiatan NgabubuREAD edisi 2 yang diisi dengan Pengajian Majlis Orkes yang diisi dengan “cacahan” tentang buku kumpulan cerita Sunda Banten karya Arban Ramizud Raray.

“Arban Ramizud Raray adalah seorang yg aktif di media sosial FB yang sering menulis cerita berbahasa Sunda Banten. Menurut penulisnya, cerita yang ia tulis adalah pengalaman pribadi dan cerita yang didapat dari pengalaman orang lain. Hal ini dilakukan selain untuk hiburan semata, juga dimaksudkan untuk memelihara bahasa sunda Banten yang khas,” tuturnya.

Masih kata Evi, acara kemudian dilanjutkan dengan Madrasah Rumi. Kegiatan tersebut merupakan refleksi atas karya Jalaludin Rumi yang dimeriahkan dengan pembacaan puisi dan musikalisasi puisi  oleh Bambang Q Anees (akademisi UIN Bandung), Bunyamin Fasya (penyair), rosihan Fahmi (aktivis sosial di Bandung), Yayan Katho (Seniman di Bandung), dan lain-lain.

“Tujuannya adalah untuk menyemarakan Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang memiliki nilai positif, sekaligus menjadi stimulan tumbuhnya ruang kreatif di Banten, selain juga mampu menciptakan kegiatan yang menjadi jembatan dengan kaum milenial,” pungkasnya.

Reporter: Fauzi R

Redaktur: Dendi S

 

 

 

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here