Terlihat Kotor, Bupati Pandeglang Bersihkan Sarang Laba – Laba di RSUD

0
47

PASCA Libur Hari Raya, Bupati Pandeglang Irna Narulita melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

OPD yang dikunjungi yaitu Dishub, RSUD, Dindikbud, dan Disdukcapil. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada pegawai yang bolos dihari pertama kerja pasca hari raya, makadari itu kepala OPD harus pantau kinerja bawahannya.

“Kami yakin banyak tugas kita yang belum terselesaikan karena jam kerja di bulan puasa tidak optimal. Oleh sebab itu selesaikanlan setelah cuti yang cukup panjang,” kata Irna Narulita saat sidak ke beberapa OPD, Senin (10/06/2019).

Saat melakukan sidak di RSUD Berkah Pandeglang, Bupati Cantik ini pun sempat kesal, melihat salah satu ruangan di RSUD yang kurang bersih, dirinya langsung mengambil sapu dan membersihkan Sawang atau sarang laba – laba yang ada di langit – langit ruangan.

“Pelayanan publik harus bersih, masa banyak sarang laba – laba seperti ini, apalagi ini rumah sakit, selain pelayanan yang harus baik, kebersihan juga harus dijaga demi kenyamanan costumer juga,” ujarnya.

Bupati berharap kepada OPD pelayanan harus dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, dikatakannya, jangan sampai alasan mudik dan masih dalam perjalanan menjadi alasan tidak masuk kerja pasca hari raya yang akhirnya pelayanan terhambat.

“Kita sudah cuti kurang lebih 9 hari, saya rasa itu cukup panjang jadi hari ini harus sudah masuk seperti biasa,” ungkapnya.

Untuk yang tidak masuk pada hari pertama pasca libur hari raya, menurut Irna, akan diberikan sanksi mulai dari keras, ringan, dan sedang sesuai untruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB).

“Apabila alasan tidak dapat kami terima, sanksinya sesuai aturan yang berlaku bahkan sampai pemotongan gajinya, kita sebagai pelayan harus disiplin,” tegasnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan, sidak ini akan dilakukan di semua OPD dan Kecamatan.

“Kalau untuk OPD hari ini selesai, dan jam 12 siang harus sudah verifikasi karena jam 15:00 wib harus di setorkan ke Menpan RB. Untuk Kecamatan, bisa dilanjutkan besok,” katanya.

Jika ada pegawai atau ASN yang bolos pada hari pertama masuk kerja, Fahmi mengatakan akan dilakukan pemanggilan keesokan harinya untuk mengikuti apel bersama di BKD.

“Kami akan panggil mereka, akan diberikan pembinaan oleh pa Sekda serta dimintai keterangan alasannya tidak masuk kerja,” terangnya.

Terkait empat orang ASN yang tidak masuk di DISHUB, kata Fahmi dirinya akan melakukan verifikasi alasan ketidakhadirannya. “Sehingga jelas alasannya sakitkah atau izin. Untuk persentase kehadiran belum dapat dihitung karena masih dilakukan rekap absensi,” ujarnya.

Redaktur : A. Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here