KANTOR Bahasa Banten menggelar ajang tahunan Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2019. Acara tahunan ini digelar Sabtu (15/6) hingga Minggu (16/6) di Hotel Puri Kayana, Serang. Terdapat 20 pasang peserta yang berpartisipasi dalam Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten tahun ini.

Acara pembuka dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Banten M. Luthfi Baihaqi.

Dalam sambutannya, Luthfi merespons baik antusiasme peserta. Ia mengatakan bahwa kedua puluh pasang peserta yang hadir sejatinya sudah merupakan Duta Bahasa karena sudah mau mengambil langkah dan berkomitmen.

“Hanya saja, dari empat puluh orang ini, hanya akan dipilih dua – satu putra dan satu putri – untuk dikirim ke Pemilihan Duta Bahasa Nasional di Jakarta,” ujar Luthfi dalam sambutannya.

Luthfi juga memberikan semangat dan motivasi kepada peserta untuk lebih bangga dan mencintai bahasa Indonesia, sebagai bahasa negara dan bahasa persatuan. Ia mengatakan bahwa seorang Duta Bahasa harus menjadi pelopor dalam pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik.

“Selamat mempersiapkan diri menjadi Duta Bahasa!” imbuh Luthfi.

Kedua puluh pasangan peserta ini nantinya akan mengikuti serangkaian proses pemilihan. Mereka sebelumnya sudah diseleksi terlebih dahulu pada tahap seleksi administrasi.

Di tahap ini, mereka diwajibkan mengumpulkan sejumlah berkas berserta dengan sebuah makalah tentang program kebahasaan yang akan mereka lakukan jika terpilih menjadi Duta Bahasa Provinsi Banten selanjutnya.

Serangkaian proses yang akan kedua puluh pasangan peserta ini lalui meliputi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Uji Wawasan Duta Bahasa, Uji Wawasan Kebahasaan, Uji Wawasan Budaya Banten, Uji Keterampilan Berbahasa Asing, Kepribadian, Ujuk Bakat, hingga Presentasi Program Kebahasaan.
Di akhir pemilihan, nilai pada setiap tahap akan diakumulasikan untuk menentukan Terbaik I, Terbaik II, Terbaik III. Selain itu, panitia juga akan menentukan Juara Favorit melalui jumlah tanda suka di Instagram.

Terbaik I Duta Bahasa Provinsi Banten 2018, Wirawan dan Ananda Musdalifah, juga hadir dalam acara ini. Selain bertugas menjadi pembawa acara, mereka juga hadir untuk memberikan semangat bagi para calon penerusnya di tingkat nasional.

“Kami ucapkan semangat dan sukses bagi para peserta. Semoga bisa membawa harum nama Banten di tingkat nasional nanti,” ujar Wirawan dan Ananda ketika diwawancara.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here