Bupati Pandeglang Minta Pengelolaan DD Lebih Transparan

0
12

BUPATI Pandeglang, Irna Narulita meminta para kepala desa (kades) untuk lebih transparan dalam mengelola Dana Desa (DD). Apalagi saat ini pengelolaan DD diawasi oleh penegak hukum. Karena hal tersebut untuk mendorong transparansi dan akuntabel.

“Sekarang era keterbukaan, jadi sampaikan kepada masyarakat uang Dana Desa itu digunakan untuk apa saja,” ujar Irna Narulita saat membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektor Antara Lembaga Pemerintah Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten di Gedung Sohibul Barokah, Selasa (25/06/2019).

Dikatakan Irna, hadirnya DD untuk mendorong kemajuan desa, maka pengelolaannya harus sesuai aturan. Ia meminta para kades untuk tidak perlu takut kepada oknum atau pihak manapun yang mengancam.

“Selama anda (kades, red) benar, jangan takut. Kami beserta penegak hukum akan membela. Jangan takut jika ancaman dari oknum atau pihak manapun,” ujarnya.

Dirinya meyakini, jika DD dikelola dengan baik, maka seluruh desa di Kabupaten Pandeglang akan maju. Tidak hanya perangkat desa, masyarakat juga diharapkan bisa ikut dalam mendorong kemajuan desa.

“Kami yakin anda bisa menjadikan desa yang anda pimpin menjadi mandiri, bahkan menjadi desa yang maju. Saya juga berharap masyarakat ikut dalam mendorong kemajuan di Desa dengan menjadi fungsi kontroling,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kejari Pandeglang, Nina Kartini menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya preventif dalam rangka transparansi pengelolaan anggaran.

“Jika dalam pengelolaannya tidak ada kerugian, tidak ada unsur untuk penyidikan. Jika memang ada kerugian negara, akan dilakukan penyidikan,” ujarnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here