Kasepuhan Cilebang Gelar Sedekah Bumi

0
23

RIBUAN masyarakat kasepuhan Cilebang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten, menyaksikan ritual sedekah bumi (25/07/2019), selain untuk menjalin kesatuan dan persatuan antar masyarakat, kegiatan tersebut juga sebagai wujud syukur atas anugerah Allah SWT yang diberikan kepada masyarakat. Kemeriahan ritual kasepuhan Cilebang yang digelar setiap 5 tahun sekali ini terlihat ketika ribuan kastrol nasi liwet disantap secara bersamaan.

Selain Pejabat dari Pemerintah Kabupaten Lebak, acara tersebut, dihadiri juga oleh perwakilan Pemerintah Pusat. Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan budaya gotong royong.

Kesempatan itu dimanfaatkan juga dimanfaatkan Wabup untuk mempertegas kembali usulan pembentukan desa adat yang diajukan Pemkab Lebak kepada pemerintah pusat. Kata Wabup, Desa adat yang sudah siap ada dua desa, yaitu Desa Guradog dan Desa Kanekes, jika nantinya disetujui, maka didesa adat tersebut tidak ada lagi Pilkades yang sering kali menimbulkan konflik masyarakat, namun akan diberlakukan sesuai dengan mekanisme adat setempat.

“Kita perlu ada penataan desa, ini bertujuan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, karena kalau sudah jadi desa adat, bisa dijadikan destinasi wisata juga,” kata Wabup.

Dalam sambutannya, Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian PMK, Mustika Rini Indriyati Ningrum berharap munculnya revolusi mental dari masyarakat adat, dirinya yakin karena masyarakat kasepuhan Cilebang masih menjunjung tinggi hukum-hukum adat.

“Saya yakin masyarakat punya modal yang kuat untuk mewujudkan revolusi mental, karena masih menjungjung hukum adat,” ujarnya.

Dengan kegiatan ini, Rini Indriyati berharap dapat mendorong inklusi sosial bagi elemen masyarakat adat kasepuan.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Agus

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here