SEJUMLAH warga memenuhi loket pelayanan di Kantor Disdukcapil Pandeglang, Senin (09/09/2019) pagi. (ANDRE SOPIAN/TUNTAS MEDIA)

PASCAKEBAKARAN, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang tetap beroperasi dan melayani masyarakat seperti biasa. Sebab, musibah kebakaran yang terjadi Minggu (08/09/2019) malam tidak sampai merusak bagian terpenting di kantor tersebut. Namun akibat kebakaran, membuat pelayanan untuk sementara waktu menggunakan manual.

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Pandeglang, Yahya Gunawan Kasbin menginformasikan langsung kepada masyarakat yang datang ke Disdukcapil bahwa telah terjadi kebakaran Minggu malam. Dia menjelaskan, untuk sementara pelayanan menggunakan manual dikarenakan listrik masih padam.

“Saya memberitahukan kepada pegawai agar informasi ini dijelaskan kepada masyarakat. Tidak hanya itu, tadi pas rakor juga saya memberitahu kepada bupati dan humas bahwa telah terjadi kebakaran dan meminta agar menginformasikan dari akun sosmed (sosial media, red) milik bupati dan humas,” kata Yahya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (09/09/2019).

Masalah lain yang timbul pascakebakaran, pada saat masyarakat membutuhkan pelayanan yang berkaitan dengan BPJS, rumah sakit, dan Dinas Sosial, pihaknya melayani secara manual.

“Pelayanan otomatis hari ini terganggu, karena semua mengakses ke sistem. Itu kita tidak bisa melayani tanpa mengakses sistem yang ada, karena database kependudukan itu adanya di sistem informasi,” ujar Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Pandeglang ini.

Dijelaskannya, hari ini ruangan yang terbakar sudah dibersihkan dan rencana pendingin ruangan peladen akan diganti dengan yang baru. Kemudian secepatnya listrik dinormalisasi.
“Hari ini kita mudah-mudahan listriknya nyala, AC nyala, baru kita berani menyalakan server (peladen, red) dan mudah-mudahan bisa kembali normal,” pungkasnya.

Sementara itu, Endin (24) warga Kecamatan Banjar yang hendak membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) mengaku, baru mengetahui jika Kantor Disdukcapil Pandeglang terbakar, tadi pagi. Dirinya bersyukur kebakaran tidak sampai menghanguskan semua gedung dan berharap pelayanan kembali normal seperti biasa.

“Baru tahu tadi pukul 08.30, Alhamdulillah tidak semua yang terbakar. Tadi dilayanin secara manual, karena listrik di situ masih padam,” ujar Endin.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here