BUPATI Pandeglang, Irna Narulita mengajak warganya untuk gemar memakan ikan. Sebab, ikan memiliki kandungan Omega 3 dan vitamin yang baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

“Sekarang banyak makan yang tidak aman, mengapa diingatkan oleh festival ini. Ayo makan ikan karena ada Omega 3 yang terkandung dalam ikan. Omega 3 itu bagaimana metabolisme ke seluruh syaraf-syaraf dan sel-sel akan terbantu hingga anak-anak kita menjadi cerdas,” kata Irna dalam sambutan saat menghadiri Festival Belah Ikan yang diselenggarakan di UPT Balai Benih Ikan (BBI) Cikoromoy, Kecamatan Cimanuk, Rabu (09/10/2019).

Menurutnya, potensi sumber daya alam dari perikanan, baik tangkap laut maupun darat di Kabupaten Pandeglang sangat luar biasa, sehingga ikon Kabupaten Pandeglang tidak hanya dari tanaman pangan padi, jagung kedelai saja, namun juga sektor perikanan.

“Kita tidak ingin perikanan dianggap sebelah mata, walaupun kelautan sudah diambil provinsi, kita fokus di perikanan,” jelas bupati berparas cantik ini.

Ia menegaskan kepada para penyuluh agar tidak pernah menelantarkan kelompok tani maupun kelompok ternak. Karena menurutnya kelompok tersebut yang akan terus meningkatkan perekonomian di Kabupaten Pandeglang. Kelompok yang mempunyai keahlian di bidang tersebut perlu diperhatikan oleh pemerintah setempat maupun pemerintah daerah.

“Di mana kelompok-kelompok yang sudah kita bantu terus dikawal oleh penyuluh perikanan harus berkesinambungan, bantuan yang diberi oleh Kelompok-Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) untuk bisa menambah pendapatan rumah tangga bagi kelompoknya. Bagi yang belum agar mereka bisa bergerak, yang mulai mapan dengan segi ekonominya yang kuat melalui perbankan, Alhamdulillah,” tuturnya.

Di tempat yany sama, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang, Wowon Dirman mengatakan, dengan adanya Festival Belah Ikan ini diharapkan muncul variasi-variasi olahan ikan dan diharapkan bisa meningkatkan konsumsi ikan dan produksi ikan di Kabupaten Pandeglang.

“Ini kita mengikutsertakan kelompok-kelompok, baik yang mandiri maupun kelompok yang dibantu oleh pemerintah. Dan dalam kegiatan ini berharap konsumsi ikan naik dan produksi ikan meningkat,” harap Wowon.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here