Bupati Irna Minta Masyarakat Menerima Reaktivasi Jalur Kereta Api

0
371

REAKTIVASI jalur kereta api (KA) Rangkasbitung-Labuan mulai digarap tahun ini. Sesuai rencana, tahap awal yang akan dilakukan yakni land clearing atau pembersihan tanah sekitar jalu kereta api.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, masyarakat harus menerima reaktivasi jalur kereta api, karena masyarakat sudah mengetahui bahwa lahan yang digunakan itu milik pemerintah.

“Mereka harus paham, menyadari, karena sudah diberikan kesempatan untuk numpang di sini, tentunya sudah 40 tahun mereka numpang di sini sudah punya tabungan yang dicicil untuk mempersiapkan masa depan mereka, karena selama mereka menumpang di sini pasti sudah ada usaha dan lahan untuk membangun rumah,” ujarnya Irna saat ditemui di lokasi jalur kereta api, Rabu (16/10/2019).

Irna meminta, camat dan lurah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Hal itu agar masyarakat tidak sampai terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Karena adanya proyek strategis nasional Pandeglang akan maju.

Menurutnya, pengukuran lahan dilakukan untuk mengetahui berapa nilai dana kerohiman yang akan diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang terkena reaktivasi jalur kereta api Rangkasbitung-Labuan.

“Nanti dihitungkan, disetujui, nanti akan dibuatkan keputusannya oleh pak Gubernur sekian, ini sekian, dan kerugiannya harus sekian, jangan sampai ini dirugikan, jangan sampai ini kelebihan hitung, dan sebagainya itu ada standarnya, SOP ada, SSH ada, harga satuanya dan sebagainya itu yang mungkin jadi acuan,” tuturnya.

Sekretaris PPK Tanah Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah DKI Jakarta-Banten, Beri Suryana mengatakan, pendataan lahan warga di jalur kereta api Rangkasbitung-Labuan masih dalam proses.

“Kegiatan pengukuran bangunan ini untuk menilai besaran uang santunan yang akan diberikan kepada warga Kelurahan Kadomas dan Kalanganyar,” pungkasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here