Jelang Pelantikan Presiden, Polres Pandeglang Gelar Simulasi Pengamanan

0
28

JELANG pelantikan Presiden-Wakil Presiden Indonesia 2019-2024, Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang akan digelar di Jakarta pada 20 Oktober 2019 mendatang, personel Polres Pandeglang menggelar simulasi pengamanan.

Latihan ini dilakukan, untuk melatih kemampuan personel dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat terjadinya aksi unjuk rasa.

“Selain meningkatkan kemampuan anggota baik Dalmas sendiri maupun seluruh anggota juga kita ini mengantisipasi pelaksanaan pelantikan presiden dan wakil presiden yang akan dilaksanakan hari minggu, kita harapkan warga pandeglang tidak ada yang berangkat ke Jakarta,” ujar Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amsono, usai gelar simulasi di depan Pancaniti Alun-alun Pandeglang, Jumat (18/10/2019).

Kapolres menjelaskan, pihaknya sengaja menggelar simulasi penanggulangan aksi anarkis layaknya sungguhan. Hal itu dilakukan agar anggota yang bertugas nanti siap dan tahu bagaimana untuk mengatasi massa yang ricuh.

“Hari ini latihan penanggulangan anti anarkis. Kita simulasikan agar anggota dalam kondisi di lapangan saat melaksanakan tugas, dalam kondisi seperti apa adanya. Artinya kondisi terburuk yang dihadapi seperti apa dan kita bagaimana cara menanggulanginya, tadi gas air mata pun sungguhan biar ikut merasakan juga bagaimana kondisi nyata dalam pelaksanaannya,” tuturnya.

Selain melakukan simulasi, Polres Pandeglang juga akan intens patroli untuk menyekat pergerakan warga yang ingin menggelar aksi ke Jakarta saat pelantikan nanti.

“Kita melaksanakan ada tiga tahapan, yang pertama mobile dengan patroli bersama TNI. Kemudian melakukan penyekatan dibeberapa titik, khususnya di perbatasan Pandeglang untuk mencegah masyarakat yang ingin mengganggu jalannya pelantikan presiden dan wakil presiden, dan kita standby kan di polres agar sewaktu-waktu dibutuhkan personel tersebut sudah siap dan bisa meluncur ke lokasi,” jelasnya.

Indra juga mengimbau kepada masyarakat Pandeglang agar tidak perlu datang ke Jakarta untuk melakukan aksi maupun menyampaikan pendapat. Menurutnya, di Jakarta sendiri akan hanya ada kegiatan pelantikan dan akan menindak bagi siapa saja yang akan menggangu jalanya pelantikan.

“Kami imbau masyarakat Pandeglang mari kita saksikan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih melalui televisi yang mungkin disiarkan langsung, silahkan disaksikan. Tentunya kita akan serius dan sangat serius melaksanakan ini untuk mengamankan jalannya pelantikan dan siapapun yang mengganggu kegiatan tersebut kita akan tindak sesuai prosedur yang berlaku,” pungkasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here