Desa Mandalasari Percepat Pembangunan Guna Kesejahteraan Masyarakat Desa

0
74

ADANYA program Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat mendorong percepatan pembangunan di pinggiran. Berkat DD, berbagai pembangunan seperti insfratruktur, pendidikan, kesehatan, dan lainnya dapat diwujudukan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat desa.

Seperti halnya di Desa Mandalasari, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang. Desa yang dipimpin H Yudi Kusnandar ini dinilai berhasil dalam menggunakan DD. Anggaran Desa Mandalasari pada 2019 sekitar Rp 1,2 miliar yang dibagi menjadi tiga tahap.

Tahap pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen, dan tahap ketiga 40 persen.
Dikatakan Yudi, untuk tahap pertama dan kedua sudah terserap dan fisiknya sudah dirasakan masyarakat. Namun untuk tahap ketiga masih dalam pengajuan dan tinggal menunggu pencairan.

“Tahap satu itu kita fokus ke insfrastruktur, paving block dan TPT, dan Alhamdulillah drainase dan RTLH sudah beres. Terus yang tahap kedua itu kita betonisasi Kampung Pacondang, Alhamdulillah sudah beres, dan satu kendaraan siaga roda empat ditambah dua kendaraan roda dua jenis trail. Alhamdulillah dengan adanya kendaraan tersebut masyarakat terbantu jika ada warga yang sakit langsung dibawa oleh mobil siaga,” kata Yudi saat ditemui di Kantor Desa Mandalasari, Selasa (12/11/2019).

Kepala Desa yang menjabat baru dua tahun ini bersyukur dengan adanya DD. Dia menilai, manfaat dari DD cukup membantu desa terutama dari bidang insfrastruktur.

Namun, desa yang memiliki luas wilayah sekitar 855 hektare terdiri dari tujuh kampung, 19 RT dan 6 RW masih banyak kekurangan. Sebab, hingga saat ini di setiap kampung masih membutuhkan pembangunan dan tidak hanya fokus pada satu kampung.

“Untuk tahap ketiga kita sudah ada gambaran karena sudah ada musrembang desa, fisiknya sudah dibuat dan langsung dibuat proposal. Tahap ketiga ini akan fokus ke drainase dan pembangunan Kantor Desa Mandalasari. Tapi Insyaallah tahap ketiga kita akan paving block semua, drainase dan TPT,” tuturnya.(adv)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here