Desa Banjarsari Tingkatkan Perekonomian Guna Kesejahteraan Masyarakat

0
38

DESA Banjarsari, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat untuk menuju masyarakat yang sejahtera.

Desa Banjarsari terletak di perbatasan Kecamatan Kaduhejo dan Kecamatan Banjar. Desa Banjarsari memiliki luas wilayah sekitar 1.300 hektare dengan jumlah penduduk 2.800 jiwa. Desa Banjarsari memiliki 7 Kampung, 10 RT dan 4 RW.

Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Ridwan Setiawan mengatakan, motivasi dirinya menjadi kades tidak lain hanya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik segi pembangunan maupun perekonomian.

“Motivasi menjadi kades banyak sih, ingin mensejahterakan desa, melakukan transparansi Dana Desa, dan menggali potensi desa,” kata Ridwan, saat ditemui di Kantor Desa Banjarsari, Selasa (19/11/2019) siang.

Ridwan mengatakan, semenjak dilantik menjadi Kades Banjarsari beberapa tahun yang lalu, salah satu program unggulan yang dijalankan adalah meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Potensi di Desa Banjarsari itu sektor pertanian dan perkebunan, ada beberapa yang menanam durian, kelompok ikan. Untuk ternak ikan Alhamdulillah sekarang kami sudah mencoba dengan teknologi baru gypark, Alhamdulillah hasil cukup maksimal,” kata dia.

Pria kelahiran 1986 ini mengungkapkan, dirinya terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam segi perekonomian. Bahkan Pemerintah Desa Banjarsari sudah bekerjasama dengan salah satu perusahaan di bidang perkebunan.

“Untuk palawija (timun, cabai, semangka dan lainnya), kami bekerja sama deng PT. Panamerah. Alhamdulillah meraka memberi lapangan pekerjaan untuk masyarakat desa,” jelasnya.

Lanjut Ridwan, tahun ini tahap satu, dua dan tiga serapan anggaranya telah tercapai. Pada tahap satu jalan paving block sekitar 200 meter dan pembangunan drainase 100 meter di Kampung Rahong. Tahap kedua pembangunan jalan rabat beton di Kampung Rahong volume 100 meter dan pembelian mobil siaga desa.

Untuk tahap ketiga pembangunan puskesmas desa, pembangunan paving block di Kampung Lebak Purut sepanjang 240 meter. Paving block di Kampung Jurug Luhur volume 120 meter. Pembangunan rambat beton jalan di Kampung Kamancing volume 100 meter.

Adapun hal lainnya, Ridwan mengatakan, yakni untuk pemberdayaan masyarakat, pelatihan kader PKK, pelatih perangkat desa, dan pelatihan organisasi Karang Taruna.

“Saya bersyukur manfaat pembangunan sudah dapat dirasakan oleh masyarakat. Rencana saya dalam sisa empat tahun menjabat, saya berharap insfrastruktur desa terus meningkat, dan sumber pontesi masyarakat bisa terbangun juga dan masyarakat bisa sejahtera,” pungkasnya.(ADV)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here