Enah Nurjanah ASN Lebak Presentasi Hasil Skripsi di ICON 2019

0
34

TAK terasa waktu satu setengah tahun dijalani Enah Nurjanah yang saat ini tengah mengikuti tugas belajar (tubel) di Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang, Jawa Timur. Dalam kurun waktu tersebut Enah mengikuti Tubel Seleksi Alih Program (SAP) dengan penuh tantangan dan telah menyesaikan studi tahap pertamanya yakni menuntaskan tugas akhir skripsi Program S-1 Keperawatan di Fakultas Kedokteran (FK) UB, 15 November lalu.

Tahap selanjutnya adalah Enah wajib mengikuti Program Studi Profesi Ners (sebutan untuk Profesi Perawat setingkat Sarjana) di FK UB seperti yang persyaratkan dalam tugas belajar selama sekitar satu tahun lagi hingga Desember 2020 mendatang

Hal yang membanggakan, Enah Nurjanah menjadi mahasiswa pertama menyelesaikan tugas akhir rekan satu angkatan yang mengikuti tubel sebanyak 96 mahasiswa dari berbagai daerah se-Indonesia. Sekaligus skripsinya yang dipertahankan pada sidang akhir dipromosikan oleh dosen pembimbing untuk menjadi presenter pada The 5th Internasional Conference on Nursing (ICON) 2019 yang digelar di Widyaloka Convention Hall, Kampus UB, Jumat (29/11/2019) lalu.

Dirinya diminta untuk mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan peserta konferensi dalam bahasa Inggris. Tentu saja ini pengalaman pertamanya berbicara di hadapan peserta konferensi dalam bahasa Inggris. Sempat tidak percaya diri, Enah mangaku mendapat dorongan moril dari sang suami (Ade Setiawan) dan mendapat sambutan yang baik oleh peserta.

Dalam presentasinya, Enah menyajikan hasil penelitiannya yang berjudul “The Effects of Health Education in Hypertension Diets using Whatsapp Social Media on Knowledge and Self-efficacy of Patients with Hypertension”. Penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh masalah tingginya angka penderita hipertensi, di Indonesia prevalensi tertinggi Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dalam paparan presentasinya Enah menyampaikan, bahwa masalah utama pada penderita hipertensi adalah ketidakpatuhan dalam menerapkan diet yang direkomendasikan. Hal ini disebabkan karena belum optimalnya pendidikan kesehatan tentang diet yang diperoleh.

Kemajuan teknologi informasi saat ini menurut enah dapat dijadikan peluang untuk menciptakan inovasi strategi pelayanan kesehatan, salah satunya yakni pendidikan kesehatan dengan menggunakan WhatsApp. Enah menyatakan bahwa penelitiannya bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan WhatsApp terhadap pengetahuan dan efikasi diri penderita hipertensi dalam melakukan diet sesuai anjuran petugas kesehatan.

Hasil penelitiannya membuktikan bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media sosial Whatsapp mampu meningkatkan efikasi diri penderita hipertensi untuk menerapkan diet yang direkomendasikan.

Pelaksana Perawat Puskesmas Baros, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, ini mengaku diberikan kesempatan tubel pada Jurusan Keperawatan FK UB Malang mewakili utusan Pemkab Lebak, Provinsi Banten sejak 1 Juli 2018 dengan alokasi pembiayaan beasiswa selama 2,5 tahun. Dia mengaku bersyukur diberi kesempatan tersebut ini dan kelak setelah selesai kuliah siap mengabdi untuk Kabupaten Lebak di manapun ditempatkan.

Untuk diketahui, The 5th International Conference on Nursing (ICON) 2019 merupakan konferensi internasional bidang keperawatan yang diikuti oleh lima negara diantaranya Australia, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Event tersebut dilaksanakan pada 29-30 November 2019 di Universitas Brawijaya, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Konferensi bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta dalam hal ini perawat untuk menyebarluaskan pencapaian dalam bidang keperawatan, menambah pengetahuan dan berkontribusi pada pengembangan profesional menuju keperawatan global melalui penelitian dan praktik klinis yang unggul, dan kompeten.

Konferensi ini juga memberikan kesempatan untuk memajukan pemahaman dan keterampilan peserta mengenai praktik berbasis bukti ilmiah, meningkatkan kualitas layanan, dan penelitian. Kegiatan dalam konferensi berupa seminar ilmiah dan workshop hasil penelitian dalam bidang keperawatan. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk oral presentation dan poster presentation. Penyaji merupakan peserta konferensi dengan berbagai latar belakang tingkat pendidikan keperawatan mulai dari sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

Redaktur : A Supriadi
Sumber : Siaran Pers

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here