Warga “Serbu” Kantor Camat Mandalawangi untuk Urus KTK, KK dan Akta Kelahiran

0
333

RATUSAN warga berduyun-duyun ke Kantor Camat Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, untuk membuat administrasi kependudukan (adminduk), seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan akta kelahiran.

Pembuatan adminduk di kantor camat merupakan program pemerintah daerah melalui Disdukcapil setempat untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Camat Mandalawangi, Entus Bakti mengatakan, pembuatan adminduk keliling oleh Disdukcapil Pandeglang ini dimulai dari 23-25 Agustus 2018.

“Ini upaya untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Mandalawangi. Alhamdulillah warga di 15 desa sangat antusias, itu terlihat dari membludaknya masyarakat yang membuat KTP, KK dan akta kelahiran,” ujar Entus Bakti, Jumat (24/08/2018) sore.

Mantan Kabag Hukum Setda Pandeglang ini berharap, dengan adanya pelayanan ini bisa mempermudah masyarakat dalam segala hal. Apalagi untuk membuat adminduk tersebut, masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke kabupaten.

“Selain ada kepastian hukum bagi masyarakat, mempunyai KK, KTP, dan akta kelahiran juga mempermudah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti untuk mengurus BPJS, transaksi keuangan dan lainnya,” bebernya.

Mengenai jumlah warga yang memohon penerbitan adminduk, sambung Entus, untuk e-KTP hingga sore ini tercetak 148 lembar e-KTP dan 87 orang yang melakukan perekaman.
Sedangkan untuk jumlah pendaftar akta kelahiran sebanyak 189 orang dan yang tercetak 160 lembar. Sementara untuk KK tercetak 40 lembar dari jumlah pendaftar 133 orang.

“Pelayanan jemput bola ini tentunya memudahkan masyarakat, karena selain dekat, cepat dan tentunya tidak butuh biaya (tranpostrasi, red) besar jika dibanding harus ke kabupaten. Pelayanan ini gratis dan waktunya sampai hanya besok,” pungkas dia.

Redaktur : D Sudrajat
Reporter : Ari

Facebook Comments