Bawaslu Pandeglang Butuhkan 339 Panwasdes

0
81

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang membutuhkan sedikitnya 339 anggota panitia pengawas (panwas) di tingkat desa dan kalurahan di seluruh Kabupaten Pandeglang. Atas dasar itu, Bawaslu Pandeglang akan membuka rekrutmen panwas desa dan kelurahan.

Ketua Bawaslu Pandeglang, Ade Mulyadi mengatakan, dalam perekrutan tenaga pengawas di tingkat desa dan kelurahan tersebut, pihaknya mendorong para Panwascam untuk menyelenggarakan perekrutan Panwasdes.

Megitu begitu pihaknya tidak luput untuk memberikan pengetahuan dan teknis terkait rekrutmen panwas desa dan kelurahan kepada panwascam.
“Bawaslu Pandeglang membutuhkan 339 pengawas desa dan kelurahan, sesuai dengan jumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Pandeglang,” ujar Ade Mulyadi, usai rapat koordinasi di salah satu hotel di Pandeglang, Selasa (11/02/2020).

Ia menjelaskan, tahapan pengumuman dimulai pada 10 Febuari 2020. Namun untuk tahapan pengumpulan berkas calon panwas akan digelar pada 16-22 Februari mendatang.

“Tanggal 16 sampai 22 (Februari, red) itu pendaftaran juga seleksi, begitu ada yang daftar seleksi berkas dan juga tes wawancara,” katanya.

Kebutuhan tenaga pengawas desa, kata Ade, setiap desa membutuhkan dua orang. Namun dirinya optimis masyarakat akan antusias untuk mendaftarkan diri menjadi pengawas tingkat desa.

“Kalau kebutuhannya itu sekurang-kurangnya dua kebutuhan, jadi kalua satu desa satu untuk pengawasan berarti sekurang-kurangnya dua. Jadi kalau di desa tersebut hanya satu yang mendaftar kita adakan perpanjangan pendaftran. Kalau misalkan di waktu pendaftaran hanya satu tetap dilaksanakan,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Majau, Kecamatan Saketi, Cecep Bahrudin memprediksi, pendaftawan panwas akan membludak. Sebab melihat animo masyarakat yang ingin mengawasi kontestasi politik sangat banyak.

“Kalau untuk antusias masyarakat itu pasti banyak. Saya hanya ingin Bawaslu merekrut tenaga pengawas tesebut secara objektif, selain itu juga harus merekrut SDM yang kompeten di bidang pengawasan,” singkatnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here