BUPATI Serang Ratu Tatu Chasanah melakukan launching atau meresmikan Desa Wisata Curuggoong, Kecamatan Padarincang, Rabu (13/12/2023). Desa tersebut akan menjadi salah satu penyangga wisata pantai, Anyer-Cinangka.

Pengembangan desa wisata menjadi salah satu fokus Bupati Serang. Ada puluhan desa wisata yang sudah ditetapkan Bupati di berbagai kecamatan. Bahkan sudah ada desa yang mendapat Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kemenparekraf.

Ratu Tatu mengatakan, di Kecamatan Padarincang sudah ada tiga desa wisata yang diresmikan. Yakni Desa Padarincang, Kadubeureum, dan Curuggoong.

“Alhamdulillah destinasi wisata kita bertambah lagi dengan diresmikannya Desa Wisata Curuggoong,” katanya.

Ia mengatakan, desa ini menjadi penyangga wisata Anyer-Cinangka yang levelnya sudah nasional. Para wisatawan yang datang mendapatkan banyak pilihan untuk berwisata di Kabupaten Serang, tidak hanya menikmati keindahan pantai.

“Wisatawan tidak hanya datang kemudian langsung pulang dalam satu hari, tapi mereka bisa lebih lama di sini mengunjungi destinasi wisata lain,” ujarnya.

Dikatakan Tatu, pihaknya sudah mengoneksikan desa wisata dengan perhotelan di Anyer-Cinangka bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). “Jadi tamu hotel itu nanti ditawari paket desa wisata juga,” terangnya.

Untuk kelengkapan di Desa Wisata, pihaknya menginstruksikan OPD terkait untuk menanganinya. “Seperti soal aksebilitas jalannya saya minta DPUPR untuk melakukan penanganan,” ujarnya.

Di samping itu, Tatu meminta masyarakat untuk aktif ikut serta mendukung pengembangan desa wisata. “Masyarakat harus dapat menjaga lingkungannya supaya bersih. Dukungan masyarakat itu modal utama untuk pengembangan desa wisata,” ucap Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasadya mengatakan, di Desa Curuggoong ada banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan. Antara lain wisata ekonomi kreatif, air terjun, kebun durian, hingga jembatan gantung terpanjang di Kabupaten Serang.

Pihaknya memastikan akan melakukan pendampingan kepada desa wisata untuk terus berkembang. ”

Semua desa wisata akan kami lakukan pembinaan, di Kabupaten Serang banyak bermunculan destinasi wisata baru. Semua telah berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.(*)

Redaktur: Dendi S

Reporter: Firo

Facebook Comments