Dibangun Sejak 1992, Pipa Perumdam Cikoromoy-Pandeglang Layak Diganti

0
1181

UNTUK mengatasi kebocoran yang kerap terjadi dan memenuhi pelayanan maksimal kepada para pelanggan, Pipa milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Berkah di Cikoromoy-Pandeglang harus segera diganti.

Pasalnya, sering tersendatnya pendistribusian air bersih tersebut akibat banyak kebocoran dibeberapa titik pipa yang dibangun sejak tahun 1992 mulai dari sumber Cikoromoy hingga wilayah kota Pandeglang.

Kepala Bidang (Kabid) Tehnik pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang, Muksinin mengatakan, bahwa sejak dibangunnya pipa pendistribusian air bersih mulai dari Cikoromoy hingga wilayah kota Pandeglang yang bersumber dari bantuan Bank Dunia melalui pemerintah pusat hingga saat ini belum diganti. Sehingga, banyak terjadi kebocoran dibeberapa titik yang wilayahnya terbilang ekstrim.

“Kita baru bisa melakukan pergantian pipa lama itu sepanjang 2 kilometer, dimulai dari Cikoromoy sampai Batubantar Kecamatan Cimanuk. Hal tersebut dilakukan, mengingat kemampuan anggaran,” ungkapnya, Rabu (11/10/2023).

Dikatakannya, untuk tetap memaksimalkan pelayanan pada masyarakat pihaknya selalu bergerak cepat melakukan perbaikan dibeberapa titik kebocoran yang sering terjadi di wilayah kota Pandeglang.

“Ya benar, pegawai bidang tehnik Perumdam siang malam tidak kenal lelah bekerja melakukan perbaikan kebocoran yang sering terjadi. Dan selama perbaikan, pengiriman air melalui mobil tangki ke beberapa pelanggan terus kita lakukan untuk memberikan pelayanan maksimal,” jelas Muksinin.

Muksinin menerangkan, untuk melakukan pergantian pipa lama tersebut sepanjang kurang lebih 15 kilometer yang dimulai dari mata air Cikoromoy sampai kota Pandeglang dan membutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Kita berharap, setiap tahun ada pembangunan perbaikan untuk mengganti pipa lama itu mulai dari mata air Cikoromoy,” harapnya.

Sementara Kepala Bagian Hubungan masyarakat (Kabag Humas) Perumdam Tirta Berkah Pandeglang, Lilis Suwartini menuturkan, jika selama ini pihaknya terus menyalurkan air bersih selain kepada pelanggan yang diakibatkan oleh gangguan kebocoran yang kerap terjadi.

“Kami dari Perumdam Tirta Berkah Pandeglang berupaya memaksimalkan pelayanan pada pelanggan akibat adanya gangguan kebocoran pipa yang tidak terduga dengan mendistribusikan air bersih melalui mobil tangki. Selain itu, kami juga berupaya membantu masyarakat yang kekurangan air bersih dibeberapa wilayah di Kabupaten Pandeglang akibat kekeringan terus menerus sesuai instruksi Bupati Pandeglang,” singkatnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments