Kostrad Ambil Alih Kendali Yonif 320/Badak Putih

0
1300

BATALYON Infanteri 320/ Badak Putih, Kabupaten Pandeglang yang awalnya di bawah kendali Kodam (Komando Daerah Militer) III/Siliwangi, secara resmi diambil alih Kostrad (Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat).

Pengambil alihan kendali dari Kodam III/Siliwangi ke Kostrad tertuang dalam surat keputusan Pangdam III Siliwangi, nomor 1364X2022, 25 Oktober 2022, tentang alih Kodam ke Kostrad dan Validasi menjadi Batalyon Mekanis 320/Badak Putih Kostrad.

Komandan Komando Resort Militer ( Danrem ) 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, Yonif 320 Badak Putih secara resmi berganti menjadi Brigade Infanteri Mekanis 14 Mandala Yudha Divisi I Kostrad sesuai Keputusan Pangdam III/Siliwangi.

“Tentang alih kendali dari Kodam III/Siliwangi ke Kostrad, dan validasi menjadi Yonif Mekanis 320/Badak Putih Kostrad,” ungkapnya dalam acara pelepasan satuan Yonif 320/Badak Putih dari Korem 064/Maulana Yusuf, (21/11/2022).

Menurut Danrem, selama ini Batalyon 320/Badak Putih dari masa ke masa setiap melaksanakan tugas selalu berhasil. Baik dalam negeri maupun Luar negeri, karena adanya kerjasama dalam satuan tugas Yonif 320/Badak Putih.

“Maka segala kendala kesulitan dan tantangan tugas, seorang prajurit sesulit seberat apapun dapat dilaksanakan dengan baik. Kepada komandan Batalyon dan seluruh Anggota Yonif 320/Badak Putih, setelah menjadi Brigif Mekanis Mandala Yudha Divisi 1 Kostrad segeralah menyesuaikan diri ambil yang baik dan buang yang tidak baik,” katanya.

Ditegaskan Danrem, karena ini sebagai pengalaman berharga bagi kalian untuk melaksanakan tugas dengan lebih baik dalam menghadapi setiap tantangan tugas kelak di kemudian hari. Selaku Komandan Korem 064 Maulana Yusuf, ia mengucapkan selamat atas berdirinya Brigif Mekanis 14 Mandala Yudha Divisi I Kostrad.

“Dan kepada Komandan Batalyon beserta perwira dan jajarannya, segera menyesuaikan diri dengan satuan lingkungan yang baru. Jaga solidaritas, kerjasama dan solidaritas diantara kalian serta bulatkan tekad, penuh semangat disiplin, dan rasa tanggung jawab untuk menjadi prajurit profesional dan dicintai rakyat dimanapun kalian bertugas dan berada demi kejayaan satuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Danrem berharap, keberadaaan tetap terpelihara dan terjaga dengan baik meskipun bergeser dari Kodam yang semula dibawah Korem sekarang dibawah Brigade. Berdasarkan analisa pimpinan bahwa dalam rangka pengembangan organisasi Kostrad dengan tujuan yang lebih besar.

“Yonif 320/Badak Putih layak untuk bergabung dengan Kostrad. Prinsipnya, kepentingan yang lebih besar itu yang kita utamakan dan tidak ada pengaruh yang negatif,” ucapnya.

Dengan beralihnya Kodam, Ia berharap mereka segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dinamika yang baru. Ia juga siap mendukung upaya mereka menjadi Batalyon yang siap mendukung pelatihan dan juga penugasan.

“Saya yakin dengan berkembangnya organisasi kemudian negara kita semakin maju. Tidak menutup kemungkinan akan lahir Batalyon Infanteri 320 yang baru dibawah Komandan Korem 064/Maulana Yusuf,” terangnya.

Komandan Yonif (Danyon) 320/Badak Putih Letkol Inf Andika Suseno mengaku, jika pihaknya siap menyesuaikan diri dengan satuan di lingkungan baru.

“Kami tentunya siap menyesuaikan diri dengan satuan lingkungan yang baru, serta tetap menjaga soliditas, kerjasama, dan solidaritas di Batalyon Mekanis 320/Badak Putih Kostrad,” singkatnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here