PALANG Merah Indonesia (PMI) turut membantu pemerintah dalam memperlancar perayaaan Hari Natal dan Tahun Baru 2024. Telah disiagakan 175 relawan, posko siaga, dan ambulans di delapan kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah mengatakan, mereka yang disiagakan adalah para relawan yang terlatih. “Para relawan sudah siaga pada 15 posko di delapan kabupaten/kota. Kami turut serta membantu pemerintah, termasuk TNI-Polri dalam mengamankan dan memperlancar arus libur Nataru,” kata Tatu melalui siaran pers, Sabtu (30/12/2023).

Pada beberapa posko, kata Tatu, ada ambulans yang disiapkan untuk mengantisipasi pelayanan kesehatan yang mungkin diperlukan. “Ada 8 ambulans dan sejumlah kendaraan operasional. Para relawan akan bersiaga 24 jam dengan sistem piket yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Sementara untuk posko, para relawan bisa bergabung dengan unsur pemerintah daerah. Namun penempatan harus sesuai dengan mobilitas dan keramaian masyarakat. “Terutama jalur wisata, posko harus siaga penuh,” ujarnya.

Kegiatan siaga Nataru ini, merupakan sinergi antara PMI Banten dengan PMI delapan kabupaten/kota se-Banten. Oleh karena itu, kata Tatu, pada tingkat operasional, para relawan akan berkolaborasi dan berkoordinasi dengan unsur pemerintah daerah dan TNI-Polri.

“Kami meminta para relawan untuk tetap dan selalu menjaga kesehatan selama bertugas. Jaga etika dan nama baik Palang Merah Indonesia. Berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat yang tengah berlibur atau merayakan libur Natal dan Tahun Baru,” ujar Tatu.(*)

Redaktur: Dendi S

Reporter: Firo

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here