Lomba Bercerita Dorong Minat Baca Pelajar

0
366

LOMBA bercerita tingkat pelajar diharapkan akan mampu mendorong mengembangkan budaya lokal dan meningkatkan minat baca.

“Untuk bisa bercerita para siswa tentunya harus gemar membaca, selain lebih mengenal cerita-cerita rakyat yang ada di daerah tentunya lebih utama adalah meningkatkan minat baca bagi para siswa,“ kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin saat membuka lomba bercerita tingkat SD dan SLTP di halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah setempat, Kamis (25/04/2019).

Kata dia, untuk bisa bercerita selain harus mengenal cerita rakyat daerah dan juga salah satunya tentu gemar membaca. Ia mengapresiasi kegiatan ini karena akan mendorong minat bacara di kalangan pelajar.

“Untuk bisa bercerita para siswa tentunya harus gemar membaca. Selain lebih mengenal cerita-cerita rakyat yang ada di daerah tentunya lebih utama adalah meningkatkan minat baca bagi para siswa,” ungkapnya.

Menurutnya, minat membaca perlu ditanamkan sejak diri. Tujuannya agar anak memiliki bekal pengetahuan yang lebih banyak untuk masa depannya. “Apabila kita sering membaca dan bercerita percayalah kalian nanti termasuk orang yang sukses dan berhasil,” ucap Pery.

Sementara, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta mengatakan, lomba bercerita dilaksanakan dalam rangka meningkatkan minat baca serta melestarikan budaya daerah melalui cerita rakyat.

“Lomba bercerita ini digelar dalam rangka melatih dan menanamkan rasa percaya diri serta keberanian untuk berkreasi dan berimprovisasi dalam menumbuhkan daya imajinasi dan kreatifitas siswa melalui bercerita,” beber Kepala BKD Pandeglang ini.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments