Ngobrol Bareng Legislator, Rizki Natakusumah : Peran Aktif Pelaku Usaha Sangat Penting

0
104

DALAM rangka membangun dan mengembangkan perekonomian daerah di Kabupaten Pandeglang, dibutuhkan peran serta aktif dari para pelaku usaha daerah.

Untuk itu Kominfo menyelenggarakan seminar dengan tema “Peluang Dan Tantangan Pandeglang Dalam Dunia Usaha dan Investasi” bersama Anggota Komisi I DPR RI, dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pandeglang, disalah satu Hotel di Kabupaten Pandeglang, pada Sabtu (11/3/2023).

Dalam sambutannya, Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Natakusumah menyampaikan, bahwa selama masa pandemi covid-19 berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

“Kita telah hidup di era pandemi covid yang telah melanda sejak 3 tahun lalu, dan dampaknya pun masih belum usai. Dampak secara ekonomi, belum mampu membalikan trek untuk menghidupi kehidupan sehari-harinya baik dari segi ekonomi maupun segi finansial nya,” ucap Rizki.

“Disini saya memiliki peranan yang bukan saja sebagai anggota DPR RI, akan tetapi juga sebagai warga Pandeglang untuk bagaimana bisa menghidupkan kembali perekonomian. Kalau roda perekonomian bergerak, maka penghasilan masyarakatnya juga meningkat. Dan kalau penghasilan masyarakat meningkat, maka peluang-peluang pengusaha generasi muda kita kedepan akan semakin meningkat,” sambungnya.

Dirinya menilai, jika peran aktif pelaku usaha sangat penting untuk kembali menghidupkan roda perekonomian di Kabupaten Pandeglang.

“Untuk meningkatkan kembali perekonomian di Pandeglang, maka yang berperan aktif adalah para pelaku di dunia usaha. Contohnya saja, banyak masyarakat yang berada di desa-desa perekonomiannya sudah meningkat. Itu karena mereka berusaha, agar bagaimana caranya penghasilan bisa bertambah untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya,” ujar Rizki.

Sementara itu, Ketua Kadin Pandeglang, Endin Fahrudin mengatakan, bahwa Kadin merupakan wadah berkumpulnya para pelaku usaha serta tempat berasosiasi nya para pebisnis.

“Pada tahun 1987, lahir undang-undang nomor 1sebagai landasan untuk mengeluarkan atau melahirkan Kamar Dagang dan Industri. Ini yang menjadi titik berat Kabupaten Pandeglang untuk selalu mendorong fungsi organisasi. Dan di periode saya, saya berusaha agar Kadin ini menjadi organisasi yang seutuhnya sesuai dengan amanat undang-undang,” ungkapnya.

Ending menyebut, jika saat ini Kadin Pandeglang sebagai stakeholders dalam memajukan perekonomian, bersama-sama dengan pemerintah.

“Sinergi dan kolaborasi yang dilakukan Kadin dan pemerintah saat ini sangat diperlukan, dalam upaya memulihkan, membangkitkan kembali, dan mengakselerasi perekonomian daerah pasca pandemi covid-19,” harapnya.

Endin menuturkan, bahwa Kadin di daerah harus mampu memetakan dan menganalisis data strategis potensi serta permasalahan daerah, mengembangkan sumber daya manusia pelaku usaha di daerah.

“Selain itu, kami dari Kadin Pandeglang juga harus bisa dan akan menarik para investor yang membawa sumber dana ke daerah agar terbuka peluang-peluang usaha dan lapangan kerja baru,” tutupnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here