Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 2022/ 1 Muharam 1444 Hijriah

0
248

RATUSAN warga Desa Pasirtangkil, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten, mengikuti tradisi pawai obor sambut tahun baru Islam 2022/ 1 Muharam 1444 Hijriah, Jumat malam (29/07/2022).

Masyarakat begitu antusias mengikuti pawai obor mengelilingi perkampungan yang ada di Desa Pasirtangkil, dengan membawa obor yang terbuat dari bambu.

Kepala Desa Pasirtangkil, Jaenal Abidin mengatakan, pawai obor sambut tahun baru Islam 2022 ini diikuti masyarakat Desa Pasirtangkil dari 11 rukun tetangga, yang diikut 800 jiwa lebih, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orangtua, dan juga dibantu oleh Babinsa dari Koramil Warunggunung, yakni Bapak Dadang Sanjaya yang mengawal kegiatan pawai obor ini hingga selesai.

“Karena sedang banyak kegiatan seperti pertandingan sepak bola, jadi pawai obor ini diikuti setengahnya dari jumlah RT yang seluruhnya mencapai 22 RT,” katanya.

Menurutnya, banyak nilai positif yang bisa diambil dari kegiatan pawai obor ini. Masyarakat bisa saling bersama-sama berjalan sehingga pawai obor mampu mempererat tali silaturahmi.

“Kegiatan ini juga mengandung nilai gotong royong, hal ini bisa dilihat dari mulai membuat obor bambu bersama, mempersiapkan segala kebutuhan hingga saling membantu saat pawai sedang berlangsung,” tuturnya.

Kepala Desa Pasirtangkil juga mengatakan antusiasme masyarakat yang begitu semangat untuk mengikuti momentum yang dilakukan setahun sekali.

Semangat tahun baru inilah yang menjadi rasa syukur, karena sudah diberi kesempatan untuk hidup dengan baik di tahun sebelumnya, dan harapan semoga di tahun mendatang kehidupannya akan semakin baik lagi.

Sementara itu, seorang warga dari RT 06, RW 02, Padil mengatakan dirinya sangat senang mengikuti pawai obor menyambut tahun baru Islam, meski lelah karena mengelilingi kampung, namun tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk mengikuti pawai obor.

“Senang sekali, sepanjang jalan api obor menyala, kami mengelilingi kampung di Desa Pasirtangkil, tak hanya membawa obor, masyarakat pun mengumandangkan shalawat sepanjang jalan,” kata Padil.

Redaktur : D. Sudrajat

Facebook Comments