Puluhan Kendaraan Terjaring Razia PKB Samsat Pandeglang

0
1254

SEBANYAK 31 pengendara roda dua dan roda empat yang menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), terjaring razia penertiban pajak yang digelar Samsat Pandeglang di Alun-Alun Pandeglang, Selasa (30/4/2024).

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Bapenda Banten Cabang Pandeglang, Epy Shafiullah mengatakan, bahwa kegiatan penertiban Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ini merupakan kegiatan rutin bulanan yang dilaksanakan Samsat Pandeglang.

“2 bulan kemarin kami hentikan sementara razia PKB, dikarenakan petugas dari Satlantas Polres Pandeglang sedang ada kegiatan Gatur atau pengamanan jalur mudik lebaran. Dan hari ini, kami kembali melaksanakan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan setiap bulannya dengan razia PKB,” ungkapnya.

“Kendaraan yang sudah terdata belum membayar PKB itu sebanyak 31 unit kendaraan, yang terdiri dari 21 unit kendaraan roda dua dan 10 unit kendaraan roda empat,” sambung Epy.

Epy menyampaikan, jika para Wajib Pajak (WP) yang terjaring dalam razia ini nantinya akan diberikan surat pernyataan kesanggupan membayar pajak dengan tenggang waktu selama 7 hari.

“Bagi WP yang belum bisa membayar pajak melalui mobil Samsat Keliling atau Samling, kita berikan surat pernyataan yang dimana paling lambat satu Minggu harus sudah membayar. Tadi juga ada yang langsung memanfaatkan kendaraan Samling kita, untuk para WP yang kebetulan mereka bawa uang dan langsung membayarkan pajak kendaraannya,” ungkapnya.

Epy menerangkan, bahwa selain melakukan penindakan, pihaknya juga terus mengedukasi para WP untuk taat dalam membayar pajak kendaraannya.

“Selain melakukan penindakan, kita juga menyampaikan tentang pentingnya membayar pajak. Dan capaian PKB kita sampai bulan kemarin, sudah mencapai 20,16 persen. Kami optimis sampai dengan akhir tahun, capaiannya akan tercapai,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments