Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah membagikan sembako gratis saat Bazar Ramadhan, di Kecamatan Kragilan, Selasa (28/3/2023)

SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, menyediakan diskon sembako dan sembako gratis melalui Bazar Ramadhan, di Kecamatan Kragilan, Selasa (28/3/2023). Dalam gelaran tersebut, ada sebanyak 21 perusahaan yang dilibatkan.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, bazar ini kegiatan yang rutin diselenggarakan Pemkab Serang setiap bulan ramadhan. Tujuannya yaitu untuk mengakses pasar. Karena biasanya di bulan ramadhan harga harga merangkak naik. ”

Jadi kegiatan bazar murah ini kegiatan rutin diselenggarakan Pemkab Serang di setiap ramadan, tupoksinya ada di Diskoumperindag,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah usai membuka Bazar Ramadan di Kragilan, Selasa (28/03/2023).

Tatu menambahkan, retail dan perusahaan peserta bazar Ramadan tahun ini lebih banyak dibandingkan sebelumnya. perusahaan diajak oleh Diskoumperindag untuk melakukan bazar ramadan. “Biasanya mereka langganan bermitra termasuk Bulog turun disini untuk bantu masyarakat kita. Tadi dengan pak kadis cek harganya lumayan, makanan ada yang beda mulai dari Rp2.500 sampai Rp15 ribu, kalau paket sembako kaya terigu gula selisihnya Rp10-15 ribu,” ucapnya.

Hal ini diyakini akan sangat membantu masyarakat. Namun demikian untuk harga di pasar dirinya sudah menugaskan kepala Diskoumperindag unik memantau. Terutama komoditas yang biasa merangkak naik seperti daging, ayam, telur, gula dan minyak. Terlebih barang barang tersebut pabriknya ada di Kabupaten Serang.

“Jadi ketika merangkak sudah mulai tinggi itu kita harus intervensi pasar ajak industri turun ke masyarakat. Tapi kita pantau sampai saat ini hanya cabe keriting dan cabe rawit itu lonjakan luar biasa, yang lainnya masih boleh dibilang stabil kenaikannya masih normal,” tuturnya.

Ia berharap, setiap tahun bisa terus bertambah banyak dan bisa berikan diskon yang besar supaya bisa terasa oleh masyarakat. Menurutnya jika menjelang puasa dan lebaran yang paling banyak dicari orang adalah telur, daging, agama minyak goreng dan gula.

“Itu kita pantau ketat. Kita khususnya Kabupaten Serang harus bisa intervensi pasar karena pabriknya ada disini, jadi produk produk yang pabriknya ada di Kabupaten Serang tidak boleh melinjak tinggi, kita ajak pasti pihak perusahaan mau turun,” katanya.

Selain bazar, sejumlah perusahaan juga memberi sembako gratis bagi anak yatim piatu. Diantaranya diberikan oleh PT BPR Serang, BJB dan PT Luncheong Brother.

Kepala Diskoumperindag Kabupaten Serang Adang Rahmat mengatakan paket yang diberikan dalam bazar ramadan tersebut diantaranya ada dari Luncheong Brother 40 paket, BPR 50 paket, dan BPR 200 paket untuk semua titik. “Lusa masih ada jadwal lima titik lagi jadi dibagi bagi (kuota paketnya),” ujarnya.

Kemudian kata dia, ada 25 retail yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Semua retail memberikan diskon, sedang kan yang paling banyak dibeli hari ini adalah beras, gula dan minyak. “Lebih banyak sekarang retail yang ikutnya,” katanya.

Dalam bazar sendiri beras yang dijual harganya cukup murah, untuk kemasan 5 kilogram dijual Rp42 ribu. Sementara di pasaran sampai Rp55 ribu untuk beras medium.

“Berasnya dari Bulog. Bazar sangat efektif karena banyak diskon, banyak harga dibawah pasar kaya gas dari Hiswana migas di pasaran Rp25 ribu, disini Rp19 ribu.

Adang mengatakan, saat ini harga di pasar yang sedang melonjak adalah cabe kriting dengan harga Rp80 ribu per kilogram. Padahal saat panen di Pabuaran harganya hanya Rp25 ribu per kilogram. Selama ini pasokan cabai masih banyak dari luar Kabupaten Serang.

“Masih banyak dari luar, apa yang dikatakan ibu Bupati betul kita bisa sinergi dengan distan untuk penanaman dalam menghadapi bulan suci ramadan atau waktu tertentu saat naik. Untuk stok aman sudah di cek ke retail yang ada stok aman untuk puasa dan hari raya,” ucapnya.

Ia memastikan selama Ramadan tidak ada permainan harga dari pedagang di pasar. Apabila ditemukan pihaknya akan langsung menindak tegas. “Ada tim yang pantau kaya kemarin ajak dari Polres dan Kejari ikut serta ke pasar,” tuturnya.

Regional Corporate Communication PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Muhammad Afran mengatakan dalam bazar Ramadan di Kragilan pihaknya menyediakan paket sembako. Diantaranya ada minyak 2 liter, gula 1 kilogram, mie instan 5 bungkus. Dimana harga normal untuk paket tersebut Rp75-80 ribu, sedangkan di toko Rp66 ribu dan di bazar dijual dengan harga Rp55 ribu.

“Total 100 paket diluar paket lain yang dijual untuk buka puasa ada paket pak Rahmat dan Bu Rahmat,” ujarnya.

Afran mengatakan dalam kegiatan bazar ramadan di delapan titik, Alfamart menyiapkan 800-1000 paket untuk dijual. Semuanya dipastikan harga promo berbeda dengan toko. “Lebih murah,” ucapnya. (Adv)

Facebook Comments