DESA Kemanisan, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang masuk dalam nominasi 25 besar dari 685 Calon Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik se Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia Tahun 2022. Terpilihnya Desa Kemanisan atas dasar antusiasnya aparat desa yang mau belajar tentang statistik.

Hal itu disampaikan Pejabat Fungsional Statistisi Muda BPS RI Evi Oktavia di sela kunjungan ke Kantor Desa Kemanisan bersama tim pada Kamis, 15 Desember 2022. Kata dia, untuk hari pihaknya lebih arah ke verifikasi bukti-bukti yang sudah masuk ke BPS RI dan laporan-laporan yang diterimanya.

“Kita melakukan kunjungan ke 25 desa yang masuk nominasi untuk verifikasi bukti-bukti yang sudah masuk ke kita,”ujarnya.

Dijelaskan Evi, untuk nominasi 25 desa dari 685 desa calon desa cantik seluruh Indonesia yang baru terpilih pada pekan ini. Oleh karenanya Tim Pusat dari BPS mengunjungi 25 desa se Indonesia.

“Untuk Banten ini kebetulan ada 3 nominasi dari 25 desa salah satunya Desa Kemanisan, Kecamatan Tirtayasa. Kedepannya kami ada lagi penilaian menuju nominasi 12 desa dari bukti-bukti yang kami lihat dan pertanyaan pertanyaan yang kami ajukan saat ini,” terangnya.

Evi juga menjelaskan, terpilihnya Desa Kemanisan adalah calon status desa tertinggal karena dengan sumber daya yang terbatas tapi Desa Kemanisan bisa masuk kelebihannya menurut kacamata pihaknya atas antusias para aparat desa yang mau belajar tentang statistik bagaimana mengolah data, dan bagaimana mengumpulkan data.

“Karena tidak semua orang mau di ajarkan tentang statistik karena merasa berat, sepertinya yang menjadi nilai plus nya adalah mereka mau belajar dalam proses penyediaan statistik itu,” paparnya.

Lebih lanjut Evi menjelaskan, program BPS yakni Desa Cantik yang sudah dilaksanakan tahun kedua pihaknya berkeinginan kualitas data semakin lebih baik. Dia menyebutkan bahwa, kualitas data itu seperti yang diketahui lahirnya dari desa.

“Makanya kita mengajarkan dan mendampingi desa dalam rangka menciptakan statistik lebih baik lagi, karena pemerintah itu butuh data yang benar. Jadi melalui program desa cantik ini kita berharap Indonesia semakin lebih baik karena datanya semakin lebih baik,” ungkapnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Desa (Kades) Kemanisan Saefurohman, Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik Ayu Mira Kusumaningtyas, Kabid Komunikasi Informasi Publik (KIP) Ari Arumansyah pada Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, dan perwakilan dari Kecamatan Tirtayasa.

Kabid Persandian dan Statistik pada Diskominfosatik Kabupaten Serang Ayu Mira Kusumaningtyas mengatakan bahwa Program Desa Cantik ini merupakan upaya meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan statistik.

“Untuk mensukseskan program Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) ini diperlukan dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak, baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Desa dan masyarakat,” ujar Ayu.(*)

Redaktur: Rizal Fauzi

Reporter: Firoh

Facebook Comments