DPKD Kabupaten Serang Terus Bergerilya Tingkatkan Minat Baca

0
49

KABUPATEN SERANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang, terus bergerilya untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Salah satunya dengan menyiapkan 5 unit kendaraan perpustakaan keliling (Perpusling) untuk menyentuh daerah pelosok Kabupaten Serang.

Tak hanya itu, Perpusling juga disiapkan di Pojok Pendopo Bupati Serang. Tujuannya, untuk mengenalkan bahwa ada Perpusling.

Kabid Layanan Perpustakaan DPKD Kabupaten Serang, Heriyadi M Senaaji mengatakan, untuk meningkatkan minat baca pihaknya terus menggerakkan Pusling.

“Pusling kita terus bergerak, ahamdulillah sehari ada 250 kunjungan,” kata Heriyadi di kantor DPKD Kabupaten Serang, Rabu (1/3/2023).

Selain itu DPKD membentuk Bunda Literasi di 29 Kecamatan yang ada di Kabupaten Serang. Bunda literasi ini merupakan istri Camat.

“Jadi nanti bunda literasi ini yang mensosialisasikan budaya membaca di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

(Foto: DPKD Kabupaten Serang)

Heriyadi mendorong, agar 326 desa di Kabupaten Serang mempunya perpustakaan desa (Perpusdes). Sebab di desa juga sudah ada pojok baca.

Sebagai informasi, DPKD Kabupaten Serang juga bekerjasama dengan sejumlah TK, PAUD dan Universitas untuk meningkatkan minat baca tersebut.

“Baru ada 187 desa yang punya pojok baca, ini akan kita dorong untuk jadi perpusdes. Tahun ini kita akan melakukan pembinaan pada 58 orang calon pengurus perpustakaan di desa,” pungkasnya.

(Foto: DPKD Kabupaten Serang)

Sementara Kepala DPKD Kabupaten Serang, Aber Nurhadi memastikan akan terus berupaya meningkatkan minat baca.
Sebab dia menyebut, bahwa membaca adalah jendela dunia.

“Kami terus berupaya agar masyarakat memiliki minat baca yang tinggi yah. Hal ini untuk membangun SDM (Sumber Daya Manusia),” singkatnya. (ADV)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here