Gelar Sosialisasi 4 Pilar, Rano Karno : 4 Pilar Menjadikan Bangsa Ini Kokoh

0
41

SETIAP anak bangsa harus mampu membangkitkan semangat dan harapan mewujudkan masa depan yang lebih baik dan sejahtera, melalui implementasi nilai-nilai kebangsaan dan budaya dalam keseharian.

Untuk itu, Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Rano Karno, memberikan sosialisasi tentang 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika-red) kepada peserta di Pucuk Pare Coffee & Resto, tepatnya di Desa Kupa Handap, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, pada Jum’at (9/5/2024).

Rano Karno menerangkan, jika sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan tujuan pembelajaran bersama generasi muda untuk mengerti dan memahami apa itu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran generasi muda, tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sebagai anggota DPR RI wajib hukumnya mensosialisasikan 4 pilar, Pancasila, UUD Dasar 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. karena 4 pilar itu adalah pondasi dari sebuah negara yang bisa membuat bangsa tersebut berdiri kokoh. Dan bisa dibayangkan jika bangsa ini tidak memiliki ataupun membutuhkan 4 pilar, maka bangsa ini akan rusak. Artinya harus ada yang mengaturnya, dan itulah pentingnya 4 pilar karena ini wajib bagi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, merupakan bagian program dari MPR RI untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat agar memahami dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam keseharian.

“Kegiatan ini adalah kegiatan resmi, apapun atau siapapun yang kita undang, datang atau tidak datang itu adalah kegiatan resmi. Saya yakin, apa yang sampaikan ini bisa dinilai oleh para hadirin dan bisa disampaikan juga oleh semuanya kepada saudara dan tetangganya. Karena, tantangan yang kita hadapi saat ini dan masa datang semakin kompleks,” kata Rano.

Rano berharap, dengan menerapkan nilai-nilai kebangsaan secara utuh dalam keseharian, proses pembangunan dalam rangka mengisi kemerdekaan mampu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur seperti yang dicita-citakan para pendiri negeri.

“Semoga apa yang saya sampaikan, bisa memberikan kesadaran kepada seluruh peserta yang hadir tentang artinya nilai-nilai Pancasila, UUD Dasar 1945, NKRI, serta Bhineka Tunggal Ika,” tutupnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here