Harga Bawang Merah di Pasar Pandeglang Tembus Rp 60.000 per Kilogram

0
108

HARGA bawah merah di Pasar Badak Pandeglang, Banten, mengalami kenaikan tiga kali lipat dari harga sebelumnya. Harga bawang merah saat ini tembus Rp 60.000 per kilogram, dari harga sebelumnya yang berkisaran Rp 20.000 per kilogram. Akan tetapi kenaikan harga komoditas lainnya, seperti tomat, bawah putih, cabai merah, dan bombai masih terbilang normal.

“Harga tomat di kisaran Rp 7000 per kilogram, bawang putih Rp 25.000 per kilogram, cabai merah dan rawit Rp 12.000 per kilogram, dan bombai di kisaran Rp 50.000 per kilogram,” ujar Aas, pedagang bumbu masak saat ditemui lapaknya di Pasar Badak Pandeglang, Kamis (04/06/2020).

Aas mengatakan, kenaikan bawang merah yang mencapai Rp 60.000 per kilogram tersebut berlangsung pasca hari raya Idul Fitri. Ia mengklaim, kenaikan harga tersebut diakibatkan sulitnya pasokan bawah merah yang masuk ke Banten akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Informasi yang saya dapat katanya akibat pengiriman bawang merah dari Jawa ke Banten itu tidak bisa masuk, karena ada PSBB. Jadi tidak semua kebutuhan masyarakat bisa lolos dari penyekatan,” terangnya.

Hal serupa juga dikatakan pedagang lainnya Neni. Kata dia, akibat tingginya harga bawang merah para pembeli mulai mengurangi jumlah pembelian.
“Yang beli juga banyak dikurangi kalau biasanya beli dua kilogram, sekarang hanya setengah kilogram. Bahkan ada yang beli satu ons,” kata Neni.

Akibat tingginya harga bawang, ia pun mengurangi stok bawang di tokonya. Kata Anis, biasanya dalam sepekan Ia bisa menjual bawang merah lima karung, namun untuk saat ini ia mengharapkan delapan kilogram terjual dalam sehari pun sulit. “Biasanya sehari delapan kilogram lebih terjual, tapi untuk sekarang paling banyak dua kilogram,” imbuhnya.

Neni berharap, pandemi Covid-19 dapat segera berakhir, agar perekonomian masyarakat dan harga bahan pokok di pasaran dapat kembali normal. “Semoga saja cepat berakhir virus corona ini, karena imbasnya ke mana-mana,” harapnya

Redaktur : Ari Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here