BADAN Pimpinan Daerah Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (BPD Gapensi) Provinsi Banten dan Kadin Provinsi Banten, sepakat bersinergi dan bersama-sama membangun Banten.

Ketua Umum BPD Gapensi Provinsi Banten, Tb Lulu Kaking yang bersilarurahmi ke Kantor Kadin Provinsi Banten pada Rabu, 26 Januari 2022 mengungkapkan, kerjasama yang baik antara Gapensi dan Kadin sangat penting.

Adanya kesepahaman antara kedua institusi untuk ikut terlibat dalam proses pembangunan, menurut Lulu Kaking, akan berdampak baik terhadap keberlangsungan organisasi dan daerah.

“Karenanya kami mengajak Kadin Provinsi Banten untuk bersinergi. Banyak yang bisa kita lakukan ke depan dalam rangka memajukan daerah dan organisasi. Dalam waktu dekat, kami akan beraudiensi dengan Wakil Gubernur Banten, Pak Andika Hazrumy. Kami harap Ketua Umum Kadin Provinsi Banten juga bisa hadir,” ungkap Tb Lulu Kaking.

Sekretaris Umum BPD Gapensi Provinsi Banten, Nunung Nursiamuddin mengungkapkan, Banyak persoalan yang harus didiskusikan dengan pemangku kebijakan di Pemprov Banten.

Salah satunya adalah, terkait dengan perlindungan pengusaha lokal di Provinsi Banten. Menurut Nunung, proteksi pemerintah daerah di Banten terhadap pengusaha lokal, terutama pengusaha jasa konstruksi masih sangat lemah.

“Salah satu contohnya adalah membiarkan perusahaan besar, khususnya BUMN yang masih bermain di wilayah Banten. Masih ada proyek pekerjaan yang nilainya di bawah Rp50 miliar digarap BUMN. Itu salah satu wujud tidak adanya proteksi dari pemerintah daerah,” papar Nunung.

Karena itu lanjut Nunung, pemerintah daerah harus diingatkan agar tetap mengutamakan pengusaha lokal dalam setiap pekerjaan atau proyek.

“Pemerintah daerah harus berpegang pada regulasi yang ada. Tujuannya agar pemberdayaan dan perlindungan bagi pengusaha lokal benar-benar nyata. Pemprov Banten juga harus berupaya mengoptimalkan pengusaha kecil,” ungkap Nunung lagi.

Sementara Ketua Umum Kadin Provinsi Banten, M Azzari Jayabaya menyambut baik ajakan BPD Gapensi Provinsi Banten.

Menurut Amal Jayabaya, antara Gapensi dan Kadin memiliki hubungan yang sangat erat. Gapensi yang merupakan organisasi para pengusaha konstruksi tertua di Indonesia, memiliki peran yang sangat penting dan strategis.

“Peran Gapensi dalam membangun Indonesia sudah diakui. Boleh dibilang, Gapensi menjadi aktor penting dalam menentukan arah pembangunan di tanah air,” ucap Amal Jayabaya.

Lebih jauh Amal Jayabaya mengingatkan, agar para pengusaha yang tergabung dalam Gapensi tidak bosan memberikan kontribusinnya bagi negeri.

“Di sisi lain, kita harus sadar bahwa tuntutan zaman sudah berubah. Artinya, Gapensi dan Kadin harus benar-benar meningkatkan kualitas dan kapasitanya. Sehingga persaingan yang sangat ketat akan bisa kita menangkan,” tegas Amal Jayabaya.***

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here