Wali Kota Cilegon Helldy Agsutian dan istri, Hany Seviatry

CILEGON – Antusias ambil bagian dalam rombongan pawai budaya Karnaval Nusantara yang menjadi rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-17 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu 5 Juni 2024 malam. Tidak seperti kebanyakan daerah lain, keterlibatan Helldy secara langsung tersebut dilakukan sebagai bukti keseriusan dalam mendorong dan memperkenalkan budaya Kota Cilegon kepada masyarakat Nusantara.

“Alhamdulillah Kota Cilegon sudah turut meramaikan Karnaval Budaya Nusantara sebagai rangkaian acara Rakernas Apeksi ini,” kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian sesaat setelah rombongan pawai Kota Cilegon melewati panggung utama sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Rabu 5 Juni 2024 malam.

Dijelaskan Helldy, pada momen Karnaval Budaya Nusantara tersebut pihaknya menyuguhkan tarian khas Cilegon dan sejumlah peragaan busana bertema industri, golok dan lainnya yang merepresentasikan Kota Cilegon.

“Kita membawa tarian bandrong yang begitu luar biasa. Kami juga membawa peragaan busana karnaval yang mewakili Kota Cilegon. Ada busana bertemakan industri, golok dan lainnya untuk mempresentasikan bagaimana Kota Cilegon dapat dilihat oleh kota lain. Kami puas atas penampilan rombongan pawai karnaval Kota Cilegon,” jelasnya.

Dalam hal ini, Helldy berharap Karnaval Budaya Nusantara menjadi ajang untuk lebih memperkenalkan Kota Cilegon kepada masyarakat luas. “Dengan mengenalkan Kota Cilegon melalui Karnaval Budaya Nusantara ini, kami harap kota lain yang melihat dapat mengenal Kota Cilegon jauh lebih dalam lagi, sehingga ada rasa ketertarikan untuk dapat berkunjung ke Kota Cilegon,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan, rombongan Karnaval Budaya Nusantara perwakilan Kota Cilegon diawali oleh para penari Bandrong yang berjumlah 12 orang dengan diikuti 5 model kostum karnaval sebagai upaya untuk memperkenalkan budaya Kota Cilegon.

Diketahui, Pawai Karnaval Budaya Nusantara tersebut juga diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin, para Asisten Daerah (Asda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Kepala Bidang (Kabid) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Cilegon. (ADV)

Facebook Comments