KPI Gelar Bimtek pengawasan Penyiaran Pemilu 2024 di Banten

0
56

MENUJU tahun Pemilu 2024 mendatang, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menggelar Bimtek Pengawasan Penyiaran Pemilu 2024.

Bimtek Pengawasan Penyiaran Pemilu 2024 tersebut, digelar di Pendopo Kabupaten Pandeglang, pada Kamis (26/10/2023).

Bimtek tentang pengawasan penyiaran pemilu bertujuan agar lembaga penyiaran bisa meningkatkan kualitas siaran pemilu dan pihak-pihak lainnya bisa ikut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran

Bimtek Pengawasan Penyiaran Pemilu 2024 dihadiri oleh sejumlah pihak diantaranya Persatuan Wartawan Republik Indonesia (Pers RI), Forum Komunikasi TV Lokal Banten, Persatuan Wartawan Kabupaten Pandeglang, Pokja Wartawan Kabupaten Pandeglang, Relawan Negeri, serta sejumlah pejabat KPI seperti Wakil Ketua KPI Pusat Mohammad Reza, Komisioner KPI Pusat Tulus Santoso, dan Ketua KPID Banten Haris Witharja.

Acara tersebut merupakan lanjutan dari beberapa regulasi, salah satunya yaitu PKPI tentang kepemiluan yang dibuat oleh KPI dan saat ini masih dalam proses harmonisasi yang nantinya akan menjadi paduan pengawasan syarat pada Pemilu.

Anggota DPR RI Komisi I Fraksi Partai Demokrat yang sekaligus sebagai narasumber, Rizki Natakusumah, menyoroti pentingnya pengawasan media online dan penyiaran elektronik.

“Ini bertujuan untuk memastikan, bahwa informasi yang disampaikan kepada masyarakat tetap akurat dan sesuai etika,” katanya.

Rizki juga mengatakan, perlunya menjaga prinsip pers sebagai penjaga demokrasi, seimbang antara kebebasan pers dan keamanan negara.

“Acara ini merupakan bagian dari upaya harmonisasi regulasi terkait pemilu, seperti Peraturan KPI tentang kepemiluan yang sedang dalam proses. Ini akan sangat berperan penting, dalam pengawasan pemilu di masa depan,” harapnya.

Ia mengingatkan, bahwa dunia penyiaran tidak hanya melibatkan lembaga penyiaran, melainkan juga melibatkan unsur-unsur masyarakat dan pemerintah daerah.

“Diskusi ini membahas peran penting penyiaran dalam konteks pemilu, dan bagaimana masyarakat serta pemerintah daerah terlibat dalam proses ini,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua KPI Pusat, Mohamad Reza menjelaskan, jika tujuan dari acara ini adalah untuk memastikan pemahaman yang seragam terkait regulasi yang dikeluarkan oleh KPI mengenai pemilu.

“Kegiatan Bimtek tentang pengawasan penyiaran pemilu ini, bertujuan agar lembaga penyiaran bisa meningkatkan kualitas siaran pemilu dan pihak-pihak lainnya bisa ikut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran,” katanya.

“KPI adalah lembaga negara yang independent artinya KPI tidak mengafiliasi dengan lembangan dan organisasi serta partai politik manapun. Tugas KPI juga untuk memastikan bahwa informasi sampai dimasyarakat adalah benar dan akurat,” sambungnya.

Reza mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan wadah untuk mendiskusikan pengawasan pemilu.

“Dalam konteks ini, tokoh-tokoh masyarakat di Pandeglang diharapkan dapat memahami proses pengaduan terkait penyiaran yang kurang tepat,” imbuhnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments