Meresahkan Warga, TRC BPBD-PK Pandeglang Evakuasi Sarang Tawon

0
16

PETUGAS Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kabupaten Pandeglang, membantu mengevakuasi sarang tawon vespa yang bersarang disalah satu pohon di Perumahan D’saruni Residence, Kelurahan Saruni, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, pada Kamis (25/1/2024) malam.

Dengan mengenakan seragam atau baju anti tawon yang menutupi seluruh tubuhnya, personel dari BPBD-PK membersihkan sarang serangga penyengat tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran (Damkar) pada BPBD-PK Kabupaten Pandeglang, Muhamad Ali Anas mengatakan, bahwa evakuasi sarang lebah tersebut merupakan bagian dari tugas Damkar.

“Barusan sekitar jam 21.00 atau jam 9 malam, kami menerima laporan dari masyarakat bahwa ada sarang tawon jenis vespa yang telah menyengat 5 orang anak kecil. Setelah menerima laporan tersebut, kami langsung mengeksekusi sarang tawon dan Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar,” katanya.

“Personil Damkar juga membawa cairan pembasmi nyamuk dan juga bensin, yang disemprotkan langsung ke sarang tawon vespa sebesar bola sepak untuk melemahkannya. Selanjutnya, sarang tawon itu dimasukkan ke dalam karung untuk dibuang ketempat yang lebih aman,” sambung Muhamad Ali.

Muhamad Ali mengimbau kepada warga yang membutuhkan bantuan, dapat datang langsung ke kantor atau menghubungi nomor emergency BPBD-PK Kabupaten Pandeglang.

“Kami standby 24 jam. Jadi bisa datang langsung ke kantor, ataupun hubungi nomor emergency BPBD Kabupaten Pandeglang,” terangnya.

Dirinya juga mengingatkan, agar warga senantiasa menjaga kebersihan lingkungan rumahnya agar tawon tidak mudah membuat sarang.

“Kami juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Pandeglang, agar segera melapor apabila ada indikasi sarang tawon di sekitar rumah yang bisa membahayakan warga,” harap Muhamad Ali.

Sementara, Ketua RT 001/RW 013 Perumahan D’saruni Residence, Lambang berterima kasih kepada TRC BPBD-PK yang dengan cepat mengevakuasi sarang tawon tersebut.

“Saya sebagai Ketua RT disini, mengucapkan banyak terimakasih kepada personil dari TRC BPBD-PK Kabupaten Pandeglang karena telah sigap menerima laporan dan langsung melakukan evakuasi sarang tawon yang telah menyengat sedikitnya 5 orang anak kecil di lingkungan kami,” singkatnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here