Pelabuhan Pelelangan Ikan Teluk Pandeglang Dipenuhi Sampah

0
504

SAMPAH terlihat mengapung dipermukaan laut di kawasan Pantai Selatan Banten di Kampung Teluk, Desa Teluk, Kecamatan Labuan Pandeglang, Banten. Minimnya kesadaran masyarakat pesisir membuat warna air laut pun menjadi sangat keruh dan kotor.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan Direktur Pelabuhan Perikanan Kementerian Kelautan, Frits Penehas Lesnussa yang melakukan kunjungan dan memberikan bantuan kepada nelayan berupa alat bantu pemantau kapal vassel monitoring aid atau VMA, Selasa (22/08/2017).

“Ini merupakan perilaku masyarakat sekitar dengan kurangnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya,“ ujar Bupati Irna.

Perilaku dan sudah menjadi budaya warga pesisir diakui Bupati Pandeglang, Irna Narulita menjadi pemicu sampah menumpuk dipermukaan laut. Bukan hanya menjadi kotor dan bau, sampah yang berserakan juga membuat pendangkalan dan abrasi yang mengakibatkan kapal nelayan tak bisa bersandar di dermaga.

“Nanti Dinas PUPR harus meninjau lokasi ini, untuk melakukan pembersihan hingga pengerukan sampah dan tentunya harus bersama-sama warga juga, agar tidak terus menerus menjadi pendangkalan,“ tutur Bupati Irna.

Irna pun berharap, warga untuk tak membuat sampah sembarangan, karena Pemkab Pandeglang sudah menyediakan tempat yang layak untuk pembuangan sampah.

Redaktur : Dendi Sudrajat
Reporter : Agus

Facebook Comments