Ratusan Pelajar SMP Nobar Film Nasional di Museum Multatuli

0
194

RATUSAN pelajar nonton bareng (nobar) pemutaran film nasional di Museum Multatuli, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten, Selasa (22/08/2017).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Museum Kebangkitan Nasional bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak.

“Jumlah pelajar yang nobar sebanyak 200 orang, berasal dari siswa SMPN 4 sebanyak 100 orang dan SMPN 6 100 orang,” kata Kepala Seksi Cagar Budaya dan Museum pada Dikbud Kabupaten Lebak Ubaidilah Muchtar di Museum Multatuli.

Selain nobar film nasional, para pelajar juga diedukasi terkait sejarah perjalanan museum kebangkitan nasional. Di mana Museum Kebangkitan Nasional sebagai pelestari budaya bangsa yang mempunyai misi mempertebal jati diri bangsa yang memberikan pelayanan di sektor pendidikan, sejarah dan kebudayaan.

“Ini merupakan kegiatan pertama kali dengan Dikbud. Bertujuan menyosialisasikan program museum sebagai media pendidikan karakter supaya anak lebih mengenal sejarah kebangkitan nasional,” katanya.

Lebih lanjut Ubaidilah berharap, dengan mengenalkan tentang museum kepada pelajar mampu meningkatkan rasa nasionalisme serta mampu meningkatkan minat baca.

“Tidak harus membaca di museum tetapi jika ingin mengetahui tentang sejarah bangsa maka pusatnya di museum. Kami tentu mendukung penuh kegiatan museum kebangkitan nasional yang program kerjanya menjangkau ke bawah,” katanya.

Dikatakan Ubaidilah, kegiatan Museum Kebangkitan Nasional di Museum Multatuli diselenggarakan selama dua hari. Dengan peserta pada hari pertama SMPN 4 dan SMPN 6 sedangkan pada hari kedua terdiri dari SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 dan SMP Alquduah.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Ali Saeful

Facebook Comments