PASKA libur lebaran kemarin terjadi lonjakan pemohonan pelayanan administrasi kependudukan, seperti E-KTP, Kartu Keluarga (KK), kartu keterangan pindah dan akta kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang.

Pantauan Tuntas Media, Kamis (06/07/2017) pagi, ratusan warga sudah terlihat memenuhi Kantor Disdukcapil. Bahkan areal parkir yang disediakan pun terlihat penuh oleh kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil.

Husen, warga Kecamatan Pandeglang mengaku, hendak membuat e-KTP. Sejak pukul 08.00 WIB ia sudah mengantre untuk mengambil nomor urut untuk menyerahkan berkas persyaratan pembuatan e-KTP. “Dari jam delapan sudah di sini (Disdukcapil, red), saya mau bikin KTP. lumayan lama juga nunggunya,” ujar Husen.

Kepala Disdukcapil Pandeglang, Tubagus Saprudin membenarkan, terjadi lonjakan permintaan pembuatan e-KTP dan KK setelah libur Idul Fitri 1438 Hijriyah. Jika dibandingkan hari-hari biasa peningkatannya bisa mencapai tiga kali lipat, yakni sekitar 1.000 orang dalam tiap harinya.

“Sudah terjadi peningkatan sejak hari pertama kerja Senin lalu. Jika biasanya dalam sehari sekitar 300 orang, saat ini bisa mencapai 1.000 orang dalam satu hari,” ungkap Saprudin.

Dari beberapa jenis pelayanan administrasi kependudukan, lanjut dia, mayoritas warga memohon penerbitan e-KTP dan KK. Kemudian sisanya surat keterangan pindah Akta Kelahiran.

“Mengantisipasi lonjakan warga kami menambah alat perekam e-KTP dari dua unit menjadi empat unit, termasuk menambah personel. Kita pastikan pelayanan berjalan sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur, red) dan untuk yang urgent seperti untuk berobat, sekolah atau bekerja kita prioritaskan,” terang dia.

Disinggung soal kemungkinan adanya praktik pecaloan, dia mengaku, terus melakukan monitoring. Selain memantau melalui CCTV, ia juga kerap turun ke loket pelayanan untuk memastikan tidak ada praktik seperti itu di kantornya.

“Memang kalau isu (calo, red) itu ada tapi saya belum menemukan oknumnya. Jika tertangkap, baik orang dalam atau luar kita serahkan petugas untuk diproses sesuai hukum,” tutup dia.

Redaktur: A Supriyadi
Reporter: Den

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here