PMI Pandeglang Pastikan Stok Darah Selama Ramadhan Aman

0
22

PALANG Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang, memastikan stok darah selama bulan suci Ramadhan 1445 hijriah dalam kondisi aman.

Petugas Teknis Unit Donor Darah PMI Pandeglang, Dani mengatakan, bahwa saat ini di bank darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang tersedia sekitar 800 kantong darah.

“Untuk stok darah di PMI Kabupaten Pandeglang saat ini terbilang masih aman, semua golongan darah masih aman. Tapi kalau untuk hari raya Idul Fitri, kita belum tau,” katanya, Kamis (14/3/2023).

Menurutnya, stok darah yang tersedia saat ini merupakan hasil dari beberapa kegiatan donor darah yang dilaksanakan disejumlah tempat di Kabupaten Pandeglang sebelum bulan suci Ramadhan 1445 hijriah.

“Sebelumnya kita sudah mengadakan beberapa kegiatan donor darah, untuk memenuhi stok darah di bulan suci Ramadhan 1445 hijriah ini. Namun, biasanya dipertengahan bulan suci Ramadhan stok darah mulai menipis, ditambah kegiatan donor darah kita berkurang karena dimulai dari jam 17.00 WIB,” terang Dani.

Dani menambahkan, jika kebutuhan darah pada bulan suci Ramadhan di Kabupaten Pandeglang ini diprediksi akan sama dengan kebutuhan darah pada bulan suci Ramadhan tahun lalu.

“Jika melihat kebutuhan darah di Ramadhan tahun lalu, itu kurang lebih sekitar 1000 kantung darah dari semua golongan. Dan untuk tahun ini pun, diprediksi kebutuhannya sama dengan tahun lalu. Biasanya, golongan A yang banyak dibutuhkan oleh para pasien,” ungkapnya.

Dani menyampaikan, bahwa apabila dipertengahan bulan suci Ramadhan stok darah menipis, maka pihaknya akan mencari pendonor yang berasal dari keluarga pasien yang membutuhkan darah.

“Kalau nanti kita masih kekurangan stok, maka kita akan mencari pendonor dari kalangan keluarga pasien. Karena di bulan puasa ini, jarang sekali orang yang mendonorkan darah terlebih jadwal kita untuk mengadakan donor darah juga terbatas,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here