PSI, PKPI, dan Partai Garuda Bakal Gabung Petahana di Pilkada Pandeglang

0
206

TIGA partai politik (parpol) non parlemen, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, dan Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia (PKPI) kemungkinan akan mendukung petahana Irna Narulita-Tanto Warsono Arban pada Pilkada Pandeglang yang akan digelar 9 Desember mendatang.

Bahkan ketiga parpol tersebut sudah melakukan komunikasi untuk membangun visi dan misi yang sama dalam menghadapi Pilkada Pandeglang.

“PSI, PKPI, dan Partai Garuda, sudah melakukan komunikasi politik dalam menghadapi Pilkada Pandeglang 2020. Semua kandidat kita lihat, baik track record, kapasitas, kapabilitas, dan visi misi dalam membangun Pandeglang ke depan dan tidak menutup kemungkinan kita merapat ke petahana,” ujar Ketua DPC Partai Garuda Pandeglang, Abdurrohim, Kamis (27/08/2020).

Pihaknya melihat, track record Irna Narulita-Tanto Warsono Arban selama memimpin Kabupaten Pandeglang cukup baik, terbukti dengan segudang prestasi yang diraih. Menurutnya, segala prestasi tersebut tentunya menjadi gambaran yang objektif bahwa petahana mampu membawa perubahan untuk Kabupaten Pandeglang. Abdurrohim menilai, Irna-Tanto masih menjadi figur yang ideal untuk memimpin Kabupaten Pandeglang lima tahun ke depan.

“Meski begitu masyarakat juga harus melihat jika kondisi Pandeglang secara utuh agar kita semua tahu bahwa Pandeglang masih tergantung pada daya dukung perimbangan keuangan pusat dan daerah untuk menghidupkan roda pemerintahan daerah. Maka memberikan kepercayaan tugas memimpin kepada yang jelas pasti dan telah teruji miliki lobi pusat yang kuat adalah sebuah keniscayaan,” tutup dia.

Terpisah, Wakil Ketua DPD PSI Pandeglang, Ahmad Ripai. Dirinya menilai, Irna Narulita-Tanto Warsono Arban terbukti mumpuni dalam memimpin Kabupaten Pandeglang empat tahun terakhir. Di bawah kepemimpinan Irna-Tanto, banyak prestasi yang berhasil ditorehkan, seperti empat kali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LHP dari BPK RI, lepasnya dari status daerah tertinggal dari Kemendesa dan PDTT, penghargaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), hingga Kabupaten Layak Anak (KLA) dan penghargaan dari Kemenkum dan HAM terkait Hak Asasi Manusia.

Hal serupa juga dikatakan, Ketua DPC PKPI Pandeglang, Sarbini Al-Kabin. Ia menyatakan, partainya sudah melakukan komunikasi dengan Partai Garuda dan PSI dalam menghadapi Pilkada Pandeglang. Kata Sarbini, PKPI Pandeglang tidak menutup kemungkinan akan mendukung petahana.

“Semua kemungkinan itu sangat mungkin terjadi, apalagi jika melihat konstelasi politik saat ini petahana masih sangat kuat dan bagus dalam memimpin Pandeglang. Jadi sangat terbuka jika PKPI bergabung untuk mendukung pemenangan Ibu Irna dan Pak Tanto dalam Pilkada Pandeglang,” singkatnya.

“Sederet prestasi ini membuktikan bahwa Irna Narulita-Tanto Warsono Arban mampu memimpin Pandeglang dengan baik, itu fakta objektif. Menghadapi Pilkada Pandeglang, PSI juga akan satu suara dengan Partai Garuda dan PKPI yang akan masuk dalam barisan koalisi petahana,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku, senang dan terbuka jika partai non parlemen bersatu untuk mendukungnya dalam Pilkada Pandeglang.

“Alhamdulillah ibu (Irna menyebut dirinya, red) harus apresiasi. Jadi ada yang berpikir kok ibu gitu sih ngeborong partai? Tidak ngeborong partai, (koalisi, red) gemuk kecil itu kan relatif,” ujar Irna.

Menurutnya, setiap parpol memiliki buku pintar hasil survei untuk melihat calon mana yang bagus untuk didukung. Meski mendapat banyak dukungan dari parpol termasuk parpol non parlemen, dirinya tetap berharap, bisa memiliki kompetitor dalam Pilkada Pandeglang 2020.

“Saya bukan tidak mau ada kompetitor, saya berharap ada kompetitor. Nah ini ada juga (parpol, red) non parlemen yang mau merapat ke kita dan ini tanda syukur kita agar bisa membangun Pandeglang bersama-sama satu persepsi. Saya sangat mengapresiasi terhadap parpol non parlemen,” pungkasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments