Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi di Pandeglang

0
68

GEMPA bumi berkekuatan 7,4 Magnitudo yang berpusat di LS,104.58 BT (147 kilometer Barat Daya Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, selain membuat warga panik dan juga menyebabkan rumah warga rusak. Warga terutama di wilayah pesisir pantai panik ketika terjadi gempa bumi dan mencoba menyelematkan diri ke tempat yang lebih tinggi.

Bahrudin (35), warga Kecamatan Sumur saat dihubungi wartawan mengatakan, sesaat terjadi gempa bumi ia dan keluargnya bergegas lari ke dataran tinggi untuk menyelamat diri. Ia khawatir jika gempa bumi akan disusul dengan gelombang tsunami. “Ini lagi di jalan mau mengungsi ke pegunungan. Doain aja, ” kata Bahrudin.

Terpisah, Siti (82), warga Kampung Ciduruk, Desa Gunungputri, Kecamatan Banjar mengaku, rumahnya ambruk akibat gempa bumi. Rumahnya yang ditinggali bersama dua cucunya ini ambruk di bagian sisi sebelah kanan sekitar tiga.

“Tadi pas gempa lagi istirahat di kamar, terus suruh keluar sama tetangga, kalau tidak dikasih air minum dan ditenangkan saya sudah pingsan,” ujar Siti.

Sementara, Kepala Desa Gunungputri, Kartosi mengatakan, dirinya mengetahui informasi rumah salah satu warganya yang ambruk dari masyarakat dan segera mengimbau, kepada masyarakat agar selalu waspada ketika gempa datang. “Setelah kejadian gempa saya langsung ke rumah yang ambruk,” pungkasnya.

Camat Mandalawangi, Entus Bakti mengatakan, mendapat laporan puluhan rumah di sejumlah desa mengalami kerusakan, salah satunya di Desa Panjangjaya terdapat 40 rumah warga rusak.

“Berita sementara laporan di tiap desa sudah 40 rumah. Hingga saat ini kita masih di kantor, rekap data,” ujar Entus.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here