Sampah Jadi Penyebab Menurunnya Kualitas Lingkungan Hidup

0
192
SEJUMLAH pejabat menghadiri sosialisasi evalusasi penilaian Adipura tahun 2016/2017 dan persiapan penilaian Adipura 2017 di Oproom Setda Pandeglang, Senin (28/08/2017) pagi. (Foto : HUMAS PEMKAB PANDEGLANG)

PEJABAT Sekda Kabupaten Pandeglang, Banten, Fery Hasanudin mengatakan, kualitas lingkungan hidup cenderung menurun, termasuk lingkungan hidup di perkotaan. Masalah umum yang terjadi pada saat ini adalah persoalan sampah, ruang terbuka hijau (RTH) serta partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan relatif masih rendah.

Ia menegaskan, semua persoalan tersebut merupakan tanggung jawab bersama.

“Dengan adanya kegiatan adipura, selain menjadi target kota/kabupaten terbersih, diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih,” ujar Fery Hasanudin saat membuka sosialisasi evalusasi penilaian Adipura tahun 2016/2017 dan persiapan penilaian Adipura 2017 di Oproom Setda Pandeglang, Senin (28/08/2017) pagi.

Ia mengatakan, Piala Adipura merupakan program nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup. Objek penilaiannya adalah pemerintah daerah.

“Di dalam pelaksanaanya kegiatan Adipura ini sangat membutuhkan dukungan dari pihak-pihak terkait,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang, Indah Dinarsiani mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptaka lingkungan perkotaan yang bersih serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan.

“Supaya masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan di lingkunganya masing-masing,” kata Indah.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Agus

Facebook Comments