Cendekiawan Kampung dan Dindikpora Pandeglang Dorong Wirausahawan Pemula Tumbuh

 

Cendekiawan kampung berkolaborasi dengan Bidang Kependidikan pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pandeglang dalam program pengembangan kewirausahaan pemula yang diberi nama Startup Desa 2023.

 

Startup Desa ini ditujukan bagi pemuda baik tingkat mahasiswa ataupun pelajar yang ber-KTP Pandeglang. Seluruh peserta akan menjadi pelopor pemuda dibidang kewirausahaan pemula.

Sesi Inkubasi pada Rabu, 29 November 2023 dibuka langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Nuralita, yang dilanjutkan dengan penyematan secara simbolis kepada perwakilan peserta.

Pada Sambutannya Irna memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Cendekiawan Kampung, dengan usianya yang masih kecil tapi sudah mau go international untuk kontribusinya.

“Pesan ibu kepada para pemuda calon pengusaha ini jangan mudah patah semangat. Semua masukan jadikan inovasi. Jangan sampai perekonomian pasar-pasar kita dikuasai oleh pengusaha luar, melalui Cendekiawan Kampung inilah kita lahirkan pengusaha-pengusaha muda Pandeglang,” kata Irna dalam sambutannya.

Kepalad Disdikpora Kabupaten Pandeglang, Hasan Bisri mengatakan, program Startup Desa selaras dengan peraturan Undang-Undang yang mendukung gerakan kepemudaan.

“Seperti yang dikatakan oleh Bupati Pandeglang, bahwa pengangguran kita masih banyak sehingga perlu adanya pemajuan melalui ekonomi kreatif,” lanjutnya.

CEO Cendekiawan Kampung, Atuh Ardiansyah memaparkan, saat ini peserta masuk pada sesi inkubasi setelah sebelumnya melakukan seleksi administrasi. Sesi Inkubasi ini dilaksanakan di Pendopo Pandeglang yang berlangsung selama 2 hari 29 – 30 November 2023 yang diisi dengan pemaparan materi oleh para ahli serta presenstasi dan penjurian Pitchdeck peserta.

“Setelah sesi inkubasi ini akan ada mentoring 2 bulan melalui online dengan para mentor ahli yang sudah kami siapkan, sehingga semakin mengukuhkan cara pandang soal bisnis,” jelas Atih.

“Diakhir teman-teman akan kita minta untuk menulis, akan dibuatkan buku startup desa yang berisi tulisan dari para peserta,” tutupnya

Pada sesi pembukaan juga terjadi penandatanganan MoU antar Cendekiawan Kampun dengan Laz Harfa untuk program Pemberdayaan Pedesaan

Redaktur: Dendi S

Reporter: Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here