PEMERINTAH Kabupaten Serang melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) telah selesai menggelar pemilihan Kang-Nong Kabupaten Serang 2024. Pada ajang tersebut, terpilih satu pasang putra putri terbaik Kabupaten Serang yakni Rizky Azizan Ghofur dan Yulli Lestariyani, sebagai Kang dan Nong Kabupaten Serang 2024.

Keduanya terpilih melalui seleksi yang ketat sejak pendaftaran 17 Januari lalu. Total pendaftar sebanyak 133 orang. Seleksi I terjaring 40 pasang, dan tahap II sebanyak 20 pasang. Sebanyak 20 pasang telah telah ditempa melalui pra karantina dan karantina. Kemudian mengikuti Grand Final pada Jumat (3/5/2024) malam.

“Alhamdulillah, kami telah tuntas menggelar ajang seleksi putra-putri pariwisata sekaligus duta pembangunan Kabupaten Serang,” kata Kepala Disporapar Anas Dwi Satya Prasadya melalui keterangan tertulis, Minggu (5/5/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Kapolresta Serang Kota Kombes Pol Sofwan Hermanto, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Sekda Kabupaten Serang Nanang Supriyatna, jajaran kepala OPD Pemkab Serang serta camat se-Kecamatan Kabupaten Serang.

Selain itu, hadir pula masyarakat dari berbagai kecamatan yang datang khusus untuk memberikan dukungan jagoan mereka pada ajang Grand Final Kang Nong Kabupaten Serang 2024. Sementara sepasang pemenang, yakni Rizky Azizan Ghofur dari Kecamatan Cikande dan Yulli Lestariyani dari Jawilan.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, Pemilihan Kang Nong Kabupaten Serang rutin digelar per dua tahun. Melalui kegiatan ini, anak muda diberi kesempatan meningkatkan bakat dan pengetahuan tentang kepribadian, pariwisata, pemerintahan, dan pembangunan daerah.

“Para peserta dibekali pengetahuan tentang potensi-potensi yang ada di Kabupaten Serang secara keseluruhan. Kemudian diharapkan menjadi duta pembangunan sekaligus turut mempromosikan pariwisata dan segala potensi di Kabupaten Serang” ujar Tatu.

Menurutnya, pelaksanaan seleksi Kang Nong Kabupaten Serang 2024 merupakan kesempatan yang baik untuk pemuda-pemudi di Kabupaten Serang mengembangkan diri. Mereka nanti dapat mengikuti ajang yang sama di jenjang yang lebih tinggi.

“Nanti yang menjadi juara akan melanjutkan ikut serta dalam kompetisi Kang Nong Provinsi Banten, atau pemilihan putri otonomi daerah se-Indonesia. Mudah-mudahan tahun ini juga bisa mendapatkan juara seperti tahun-tahun sebelumnya,” harap Tatu.

Tatu mengatakan, Kabupaten Serang memiliki banyak potensi. Mulai dari pariwisata, UMKM, budaya lokal dan lain sebagainya.

“Generasi sekarang sangat menguasai media sosial. Promosi tentang daerah sekarang ini yang paling efektif melalui media sosial. Gunakan media sosial dengan baik,” katanya

Tatu juga meminta agar Kang Nong Kabupaten Serang mampu menjadi pelopor industri kreatif di Kabupaten Serang.

“Generasi muda ini sangat kreatif dan inovatif. Ibu ucapkan selamat untuk para pemenang, dan jaga amanah yang diberikan dengan turut aktif dalam proses maupun promosi program pembangunan daerah,” ujarnya.

Secara lengkap para pemenang per pasang. Yakni Kang Nong Kabupaten Rizky Azizan Ghofur- ⁠Yulli Lestariyani, Wakil 1 Riyadi Firdaus- Melani Malindo, Wakil 2 Faiz Wahyudi-⁠Ismi Latifah, dan juara favorit Zaka Muzakkillah-⁠Anantia Aliva Rizqa.

Kemudian Duta Entrepreneur Fajar Falah Ramadhan-⁠Anggita Patrisya Gayatri, Duta Lingkungan Rizky Muharram-⁠Desi Maryana, Duta Pendidikan Zaka Muzakkillah- Melia Mahbubah, Duta Pajak Agung Surya Nugraha-⁠Anantia Aliva Rizqa, dan Duta Pancasila Deni Hermanda-⁠Shecil Berlin.

Selanjutnya Duta Investasi Hilman Priyadi-⁠Zahrotul Falah, dan Duta UMKM Nico Mahesa- ⁠Siti Parwanti. (*)

Redaktur: Dendi S

Reporter: Firo

Facebook Comments