Bantu Stok Darah, Setda Pandeglang Gelar Donor Darah

0
24

DALAM memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Pandeglang dan Hari Otonomi Daerah serta membantu ketersediaan darah di Pandeglang, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melakukan aksi donor darah.

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pandeglang, pada Rabu (24/4/2024).

Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Setda Kabupaten Pandeglang, R. Gunara Darajat mengatakan, bahwa kegiatan donor darah tersebut dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Pandeglang dan Hari Otonomi Daerah.

“Kegiatan hari ini sebetulnya, bagian dari rangkaian peringatan HUT Pandeglang sekaligus Hari Otonomi Daerah yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 April besok. Sebetulnya kegiatan donor darah saat itu, beberapa hari sebelum HUT Kabupaten Pandeglang. Namun ternyata kondisinya pada saat itu, PMI Kabupaten Pandeglang rangkaian kegiatannya di Provinsi Banten sangat padat. Sehingga, PMI Kabupaten Pandeglang baru dapat memenuhi undangan kami pada hari ini,” katanya.

Dirinya mengajak seluruh Kepala OPD beserta ASN di lingkungan Pemkab Pandeglang, untuk aktif melakukan aksi sosial donor darah, guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Undangan kami sebar ke semua dinas, tampaknya ini kemungkinan akan melebihi dari kantong yang telah disiapkan oleh PMI. Karena yang kami cek pihak PMI hanya membawa 50 kantong, namun kita lihat bersama antusias pegawai untuk mendonorkan darah sangat besar. Sehingga, tampaknya mungkin harus ada penambahan lagi kantong darah untuk kegiatan ini,” ungkap Gunara.

“Untuk kebutuhan darah, sebetulnya ini kegiatannya kegiatan khusus. Namun karena kebetulan stok darah di Kabupaten Pandeglang saat ini masih minim, maka kegiatan-kegiatan seperti ini bisa lebih di perbanyak lagi,” sambungnya.

Ia berharap, jika kegiatan donor darah bisa dilakukan oleh setiap instansi pemerintah dalam menyambut hari-hari besar.

“Di dinas ataupun instansi lainnya, kami sarankan mungkin juga ada kegiatan kantornya. Apakah peringatan hari apa, ini bisa saja sebagian salah satu bentuk acaranya kegiatan donor darah para pegawainya. Sehingga diharapkan dari kegiatan tersebut, selain memeriahkan kegiatan yang mereka laksanakan bisa juga berdampak terhadap stok ketersediaan darah di PMI Pandeglang, yang bisa memadai,” terang Gunara.

Di tempat yang sama, Pelaksana Harian Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Pandeglang, dr Erin Rachmatikasari menjelaskan, bahwa ketersediaan darah di PMI Pandeglang saat ini mengalami kekosongan.

“Sejak tahun 2023 hingga menginjak akhir bulan Ramadhan kemarin, stok darah di PMI Pandeglang itu kosong. Karena memang dari akhir tahun kegiatan rutin donor darah itu ditiadakan, karena menginjak bulan Ramadhan sebagian besar masyarakat itu melaksanakan ibadah puasa,” ucap Erin.

“Semua golongan darah itu sangat dibutuhkan, karena setiap bulan kita membutuhkan darah sebanyak 1000 kantong darah setiap bulannya,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments