Bersama Warga, Yonif 320/Badak Putih Lakukan Karya Bakti

0
209

SEBAGAI wujud kebersamaan dan kegotong royongan merupakan tradisi bangsa yang harus terus dilestarikan, Batalyon Infanteri 320/Badak Putih dan warga Desa Ciinjuk melakukan kegiatan Karya Bhakti membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU), Jalan, dan Mushola.

Saat kegiatan tersebut, Komandan Batalyon Infanteri 320/Badak Putih, Letkol INF Andika Suseno mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan suatu tugas bersama untuk membantu pemerintah dalam mengaktifkan budaya kegotong royongan.

“Hari ini, kami turunkan prajurit dari 320/Badak Putih di Desa Ciinjuk. Dan ini juga merupakan implementasi pembinaan teritorial kepada pemerintah desa dan masyarakat, agar selalu siap untuk mendukung setiap kegiatan. Termasuk kegiatan hari ini melaksanakan pembersihan makam, jalan, dan Mushola di Kampung Cadasari Curug, Desa Ciinjuk, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, yang dilaksanakan secara berkala setiap satu Minggu sekali,” katanya kepada Tuntas Media, Jum’at (16/9/2022).

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menyemangati dan memotivasi warga untuk peduli kebersihan, juga sebagai tujuan melakukan sinergisitas antara Aparatur dan masyarakat, dalam rangka mewujudkan kebersihan lingkungan.

“Hari ini prajurit yang kami turunkan sebanyak 31 orang, dibantu warga sebanyak 100 orang. Kegiatan kami ini mudah-mudahan bisa memberi semangat kepada warga, agar selalu menjaga kebersihan disekitar lingkungannya,” harap Andika.

Andika menambahkan, bahwa pihaknya sangat senang yang mana warga binaannya dengan semangat melaksanakan kerja bakti dengan penuh kesadaran.

“Kami berharap dalam kegiatan ini harus ditingkatkan, karena gotong-royong merupakan tradisi kearifan lokal, sebagai nilai luhur serta bentuk rasa hormat dan beban moral untuk menghargai jasa orang yang telah meninggal dunia, juga kegiatan ini merupakan momentum untuk menjalin kedekatan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Ciinjuk, Edi Suhendi mengatakan, jika pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kerja bakti.

“Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, khususnya dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan dan semangat kegotong-royongan. Dan saya berharap, agar sinergitas ini dapat terus ditingkatkan,” singkatnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here