BAKAL calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany resmi mendaftarkan dari pada proses penjaringan di Kantor DPW Partai Solidaritas Indonesia Provinsi Banten, Rabu (8/5/2024). Airin menegaskan bahwa pendaftarannya ke sejumlah partai politik (parpol) dalam rangka melengkapi syarat pencalonan di Pilkada Banten, sekaligus membangun komitmen kebersamaan.

“Ini pendaftaran partai yang kelima. Kami menyerahkan berkas formulir, terima kasih sudah dinyatakan memenuhi persyaratan. Selanjutnya kami akan mengikuti mekanisme, yang dilakukan, karena setiap partai berbeda,” kata Airin kepada wartawan.

Airin kembali menyampaikan visi kebersamaan yang harus dijalankan oleh pemerintah provinsi ke depan bersama unsur partai politik di DPRD. Selain itu, Airin juga menyatakan kesiapan menjalankan segala program yang menjadi komitmen PSI dalam membangun Indonesia.

“Sudah menjadi hal yang kita jalani, seperti yang menjadi visi saya, efektif pemerintahannya, dalam arti pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus bekerja bersama-sama. Makanya tagline saya adalah Banten maju bersama, dalam rangka untuk membuat masyarakat Banten tangguh, mandiri, sejahtera berlandaskan iman dan taqwa,” ujarnya.

Agenda PSI yang disinggung wartawan terkait dengan menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan. “Itu sudah menjadi prinsip seperti yang saya jalankan ketika menjadi walikota Tangsel. Dengan pemerintahan yang efektif, transparan dan bersih, maka pelayanan publik akan menjadi meningkat,” ujarnya.

Ditanya soal pilihan bakal calon wakil gubernur (wagub), Airin belum menetapkan nama karena masih dalam proses pendaftaran parpol. “Pengalaman saya, penentuan wakil itu secara bersama-sama. Tidak mungkin kita menentukan sendiri, jadi biasanya bersama-sama dengan partai koalisi. Dilihat dari popularitas, elektabilitas, dan faktor lainya,” ujarnya.

Airin menegaskan, Partai Golkar tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, karena hanya memiliki 14 kursi. Dibutuhkan 6 kursi lagi untuk genap syarat sebanyak 20 kursi. “Maka Partai Golkar akan berkomunikasi dengan partai lainnya,” ujar Airin.

Terkait kemunculan bakal calon gubernur Banten selain dirinya, Airin menegaskan, semua punya niat baik. ”Mudah-mudahan kehadiran kita, bisa memberikan warna dan pilihan kepada masyarakat,” ujarnya.

Airin didampingi sejumlah pengurus Golkar Banten, dan diterima langsung oleh Ketua DPW PSI Banten Muhammad Hafiz Ardianto dan jajarannya.

“Kami bersyukur Ibu Airin mendaftar ke PSI. Selanjutnya ada mekanisme yang dijalankan bersama para bakal calon yang mendaftar,” ujarnya. Termasuk kata Hafiz, proses wawancara yang dilakukan oleh DPP PSI. (*)

Redaktur: Dendi S

Reporter: Firo

Facebook Comments