Dua Bapaslon Pada Pilkada Pandeglang 2020 Mulai Jalani Tes Kesehatan

0
31

DUA bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Irna Narulita-Tanto Warsono Arban dan Thoni Fathoni Mukson-Miftahul Tamamy, Rabu (09/09/2020) mulai menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan di RSU Berkah. Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk untuk memastikan para bapaslon memenuhi syarat dan kuat secara jasmani dan rohani.

Dari informasi yang didapat, pemeriksaan yang dilakukan, mulai dari pemeriksaan psikologis dan narkoba. Kedua bapaslon hadir dalam proses pemeriksaan kesehatan di ruang pemeriksaan khusus yang disediakan RSU Berkah.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai menjelaskan, pemeriksaan dilakukan selama dua hari. Hari pertama meliputi psikologi dan tes narkotika dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan hari kedua dilakukan pemeriksaan jasmani.

“Besok dilakukan secara keseluruhan yang tentunya mempedomani keputusan KPU RI Nomor: 412 tentang Standar Pemeriksaan Kesehatan, untuk mengetahui mampu atau tidak mampu baik secara jasmani maupun rohani,” kata Ahmad Sujai, saat ditemui di RSU Berkah.

Hasil pemeriksaan secara menyeluruh oleh tim dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) maupun dari medis, direkomendasi dari IDI akan dilaksanakan proses rapat pleno yang akan dibahas hasilnya, dari masing-masing tim pemeriksa menyampaikan hasilnya, apakah memenuhi syarat atau tidak.

“Kalau memenuhi syarat yang bersangkutan mampu secara jasmani dan rohani, kalau tidak memenuhi syarat berarti kan ada salah satu bagian dari hasil pemeriksaan dianggap tidak memenuhi syarat. Yang jelas proses pemeriksaan kesehatan ini dalam rangka untuk mengetahui kaitan dengan masalah seseorang mampu atau tidak mampu untuk melaksanakan tugasnya secara mandiri,” ujarnya.

Sujai menyebutkan, dalam proses pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh lebih dari 10 orang dari berbagai keahlian dan dipimpin oleh Dokter Edwin.

“Jumlah dokter lumayan cukup banyak, kalau tidak salah lebih dari 10 orang tim yang sudah ditetapkan oleh pihak rumah sakit, untuk waktunya dari pagi sampai sore. Karena hasil pemeriksaan ini paling lambat itu tanggal 12 September harus sudah diserahkan,” tuturnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Bidang Pelayanan RSU Berkah Pandeglang, Jaenal Mutakin mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan bapaslon, namun untuk hasilnya belum bisa disampaikan.

“Untuk tim medis yang dikerahkan itu banyak, adapun pemeriksaan yang dilakukan yaitu pemeriksaan swab, psikologis, itu yang paling lama dalam proses pemeriksaannya. Kemudian pemeriksaan narkotika dari BNN. Untuk sementara ketua tim dokter belum bisa dimintai keterangan,” tutup dia.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here