SERANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Serang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Pelaporan Keuangan, yang diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Serang, Sabtu (10/10/2020).
Tujuannya, agar cabang olahraga (cabor) tidak mengalami kendala atau terjadi kesalahan saat membuat Laporan Pertanggungjawaban (LPj) dana hibah.

Ketua KONI Kota Serang, Deni Arisandi mengatakan, pelatihan tersebut merupakan agenda rutin yang mereka gelar tiap tahun. Supaya kemampuan para bendahara pengurus cabor di bawah naungan KONI Kota Serang meningkat.

“Apalagi di 2021 kami akan melaksanakan Pekan Olahraga Kota (Porkot). Artinya akan ada sejumlah gelontoran anggaran yang lebih besar dari KONI Kota Serang untuk pengcab. Sehingga mereka (pengcab) perlu diberikan pelatihan dalam melakukan pelaporan keuangan,” ujarnya usai membuka pelatihan.

Ia juga menambahkan, kondisi yang terjadi saat ini di sejumlah pengcab, baru saja melakukan pergantian kepengurusan. Oleh karenanya, pelatihan keuangan itu dinilai sangat urgent, agar tidak terjadi kesalahan pelaporan oleh pengurus cabor.

“Yang kami tahu kan pengcab tersebut sudah melakukan regenerasi kepengurusan, makanya kita berikan pelatihan sebagai penyegaran dan masukan kepada pengurus baru. Jadi nanti pada pelaksanaan Porkot dan dana hibah tahunan, saya berharap bendahara di pengcab sudah siap membuat pelaporan dari anggaran yang diturunkan,” tuturnya.

Ia menambahkan, sampai sekarang sejumlah pengcab masih kerap ditemui beberapa kesalahan, meskipun tidak fatal.

“Ya kan selama ini juga kami dampingi terus, pasti ada lah kesalahan tapi itu tidak prinsip. Paling hanya kekurangan pajak saja, hanya kesalahan-kesalahan teknis yang tidak prinsip,” terangnya.

Sementara Ketua Pelaksana Acara Bimtek Pembuatan Pelaporan Keuangan, Sasangka Agus Setiawan menyampaikan, di bimtek tersebut diikuti hampir semua perwakilan cabor dari 44 cabang yang diundang.(adv)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here