Gertam Jagung Pandeglang Capai 30.000 Hektare

0
199

GERAKAN Tanam (Gertam) jagung di Kabupaten Pandeglang sudah mencapai 30.000 hektar atau 60 persen dari target Calon Petani Calon Lahan (CPCL) 51.000 hektare.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, dengan adanya program tanam jagung ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan ini dapat menambah penghasilan bagi kelompok tani dan para anggota kelompok,” ungkap Bupati Irna.

Ia menambahkan, gertam jagung ini dapat selesai tahun ini. Sehingga kata Bupati Irna, tahun yang akan datang kita akan prioritaskan komoditi yang lain lagi.

“Saya harap Dinas Pertanian terus melakukan gertam, agar target itu dapat tercapai dan masyarakat segera menikmati hasilnya,” tukasnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian Pandeglang, Wowon Dirman mengatakan, bahwa gertam ini diperkirakan akan selesai semua pada bulan November. Untuk itu kata wowon, para penyuluh dan dinas pertanian terus memberikan motivasi atau dorongan kepada masyarakat.

“Insya Allah selesai dari CPCL yang ditargetkan, karena kami terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan tanam jagung jika memiliki lahan tidur,” katanya.

Terpisah, Ketua Gapoktan Sindang Mulya Kecamatan Panimbang, Kaisal mengatakan, lahan yang saat ini ditanami sekitar dua hektare.

Sebelumnya kata dia, dirinya sudah dua kali menanam padi, namun karena kondisi kemarau jadi ditanami jagung.

“Paling kendalanya hanya banjir saja jika musih hujan, apalagi jika bulan Desember, Januari dan Februari,” kata Kaisal.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments