Hadapi Mudik Lebaran, Polres Pandeglang Siapkan Pospam dan Posyan

0
49

MENJELANG mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024, Polres Pandeglang, Polda Banten, menyiapkan sejumlah Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) dibeberapa titik di Kabupaten Pandeglang.

Hal ini dilakukan, untuk mendukung kelancaran para pemudik untuk sampai ke kampung halaman.

Kapolres Pandeglang, AKBP Oki Bagus Setiaji, melalui Kasatlantas Polres Pandeglang, AKP Made Hendra Kusumanata mengatakan, bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah Pospam dan Posyan pada mudik Lebaran tahun ini.

“Untuk kesiapan menghadapi libur Lebaran Idul Fitri 1445 H tahun 2024, kami akan mendirikan sebanyak 4 Pospam dan yang akan kita bangun di Carita, Mengger, Tarogong, dan juga Cigadung. Kemudian untuk 1 Posyan, kami akan dirikan di Alun-alun Pandeglang, dengan menempatkan sebanyak 24 titik Gatur di wilayah Polres Pandeglang,” ungkapnya, Selasa (26/3/2024).

Dirinya memprediksi, jika para pemudik terutama sepeda motor akan memasuki wilayah Kabupaten Pandeglang mulai tanggal 4 April 2024. Untuk itu, kata Made Hendra, pihaknya akan menerjunkan puluhan personil dari Satlantas yang akan dibantu oleh personil lain dari TNI serta Instansi-instansi terkait.

“Jumlah personil dari Satlantas yang akan kami libatkan itu sebanyak 69 personil, ditambah dengan personil selain dari Lalu Lintas dan juga dari Instansi lainnya yang akan disebar di Pospam, Posyan, dan titik Gatur. Dan personil ini fleksibel, bilamana dibutuhkan tambahan personil dilokasi lain maka akan kami geser ke lokasi tersebut,” ungkap Made Hendra.

Made Hendra menyebut, bahwa pada arus mudik kali ini, pihaknya mengatensi beberapa titik yang diprediksi bakal ramai dilintasi pemudik.

“Untuk titik kemacetan yang perlu kami antisipasi, diantaranya simpang Mengger, simpang Cipacung, dan juga di simpang Maja. Dan apabila ada kemacetan di Cigadung, maka akan kami alihkan melalui jalur AMD,” terangnya.

“Dalam mengurai kemacetan, kita sudah siapkan cara bertindak. Misalnya di jalur Carita kita siapkan jalur alternatif seperti Caringin melalui Tanjakan Bangangah sampai Mengger, lalu untuk di Mengger kita siapkan One Way atau buka tutup dengan memprioritaskan para pengendara yang menuju tempat wisata demikian juga sebaliknya,” sambung Made Hendra.

Made Hendra mengingatkan kepada masyarakat yang akan mudik lebaran, agar mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku demi kenyamanan, kelancaran, dan keselamatan para pemudik hingga selamat sampai ke tujuannya.

“Kami dari Satlantas Polres Pandeglang mengimbau kepada para pemudik, untuk memperhatikan kelengkapan pribadi saat berkendara dan juga mengecek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Itu semua berpengaruh kepada keselamatan pengendara dijalan, dan juga harus memperhatikan apa yang menjadi perintah petugas di lapangan. Karena kami hadir, untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh pengendara di jalan,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here